YOUR INDONESIA CITIES GUIDE

banner-image

Who is Joker, really

Joker, Karakter antihero milik DC Comics ini dikenal sebagai salah satu musuh utama Batman. Sebagai salah satu karakter paling terkenal dalam budaya populer, bisa dibilang bahwa Joker adalah villain paling ikonik sepanjang masa sekaligus menjadi sosok antagonis yang sempurna untuk sang Caped Crusader, Batman.

 

Joker juga telah mendapatkan sejumlah adaptasi yang mengesankan, mulai dari penggambaran hiperaktif dari Cesar Romero dalam seri Batman tahun 1960-an, pesona Mark Hamill yang menawan dalam Batman: The Animated Series, hingga performa mengerikan Heath Ledger dalam film The Dark Knight.

 

Namun dalam film Joker mendatang, villain ini akan diberi latar belakang lengkap, seperti alasan untuk kegilaannya dan tidak lupa, nama aslinya. Lalu, siapakah Joker sebenarnya?

 

Credit : movieweb.com

 

Joker langsung dihadirkan dalam debut komik Batman pada 25 April 1940. Namun, karakter Batman sebenarnya sudah muncul sejak 1935 dalam serial Detective Comics. Joker merupakan salah satu musuh terberat Batman dan lawan yang paling keras kepala bagi sang pahlawan Kota Gotham.

 

Di versi cerita bergambar terbitan DC Comics itu, Joker digambarkan sebagai sosok psikopat dengan selera humor yang ekstrem bahkan sadis. Sosok antagonis ini memang tidak punya kekuatan super, namun ia memiliki keahlian yang unik sekaligus mematikan.

 

Joker bisa membuat ramuan beracun yang bahkan bisa meledak dahsyat dengan keahlian di kimia yang dimilikinya. Ia juga piawai menciptakan peralatan yang seolah remeh namun sangat berbahaya, semisal kartu dengan ujung silet yang tajam.

 

Credit : tirto.id

 

Dalam menjalankan aksinya, Joker terkadang tidak sendirian. Beberapa kali ia bergabung dengan lawan-lawan Batman yang lain seperti Penguin atau Two-Face. Obsesi utama Joker adalah menghabisi Batman, namun ia juga pernah bertarung dengan superhero DC lainnya macam Superman dan Wonder Woman.

 

Joker memang telah memiliki banyak nama alias sejak debutnya di dunia komik. Misalnya saja The Red Hood, Dr. J. Reko dan Dr. Laffo, Melvin Reipan (dalam Batman: Legends of the Dark Knight), Jack White, dan banyak lagi.

 

Sedangkan dalam serial televisi Gotham, Joker memakai sosok saudara kembar, Jerome dan Jeremiah Valeska (Cameron Monaghan), sebagai identitas aslinya. Walau banyak, kemungkinan besar memang tidak pernah ada asal kanonik atau nama asli yang diberikan kepada Joker.

 

Credit : empireonline.com

 

“I’ve been known by many names…Joe Kerr, Jack Napier, Joe Chilton, Jeremiah Valenska…but in truth, Gordon has it right…no one knows my real name.

I like it that way…being the nameless wonder who fills your head with nightmares!

As for how I came to be, I had a bad day.

Sometimes I remember it as being abused by my daddy, others, a fall into chemicals, still others, a way to convince my wife I loved her.

That’s part of my charm…any of them true or all of them!

If I have to tell my life’s story, I prefer it to be multiple choice!

Tell Batsy I said hi, and sleep tight, kiddies!

HAHAHAHAHA!”

 

Sepanjang kemunculannya, kegemaran Joker untuk memakai nama alias juga telah memberinya kehadiran yang lebih menakutkan dan misterius. Tanpa latar belakang yang pasti, dia juga terlihat sebagai sosok yang hampir tidak manusiawi dan mengerikan.

 

Credit : variety.com

 

Tidak ada penghitungan asal usul Joker yang pasti, karena ia sering digambarkan berbohong tentang kehidupan sebelumnya sehingga ia sendiri bingung tentang apa yang sebenarnya terjadi. Seperti yang dia katakan dalam The Killing Joke: “Sometimes I remember it one way, sometimes another… if I’m going to have a past, I prefer it to be multiple choice!”

 

Latar belakang Arthur Fleck dalam film Joker tampaknya terhubung dengan salah satu kisah Batman yang paling terkenal, The Killing Joke. Dalam komik Batman: The Killing Joke, diceritakan bahwa “satu hari buruk” dapat mengubah seorang pria waras menjadi tampak seperti itu. Sebelum menjadi Joker, ia adalah seorang komedian tanpa nama yang gagal.

 

Hal itu diperburuk dengan kematian istrinya yang sedang mengandung calon anaknya karena sebuah musibah, dan saat dipaksa menjadi seorang perampok, ia tersandung dan masuk ke dalam larutan kimia yang mengubah tubuhnya menjadi putih dan rambutnya menjadi hijau.

 

Setelahnya, ia melumpuhkan Barbara Gordon, lalu menyiksanya dan ayahnya. Versi Joker ini mungkin adalah salah satu yang paling kelam sampai saat ini, karena berhasil mendorong Batman ke ambang kegilaannya juga.

 

Credit : filmschoolrejects.com

 

Namun dalam film Joker terbaru alih-alih menceritakan aksi dari sang Ksatria Kegelapan, seperti cerita dalam Batman: The Killing Joke, justru film ini berpusat pada sang antagonis dan menceritakan “kelahiran” Joker itu sendiri. Digambarkan dengan sangat jelas asal usul dari seorang Joker, orang baik yang berubah menjadi Jahat karna disepelekan dan “Suatu Hari Buruk” mengubahnya dari pria yang ingin menciptakan tawa dan senyuman menjadi seorang JOKER.

 

“I used to think, my life was a tragedy, but now I’m realize, It’s a Comedy” – Joker

 

Jadi bagaimana menurut kalian? Siapakah Joker sebenarnya?

Post a Comment

You don't have permission to register