Ultimate Guide Singapore – How to travel Singapore on a budget!

Credit : @thevintagevision

Singapura, sebagai salah satu kota paling terkemuka di dunia, akan memberi kalian pengalaman yang berbeda dibanding negara-negara Asia lainnya. Walaupun Singapura adalah negara kecil, banyak hal yang kalian bisa explore disini. Dengan lebar hanya 31 mil dan panjang 17 mil, Singapura memiliki sejumlah besar lingkungan yang wajib banget dikunjungi seperti Little India, Bugis, Chinatown, Marina Bay, Distrik Keuangan, dan Pulau Sentosa. 

Credit : @jovinycl

Sebagai tujuan liburan fav, Singapura jelas bukan yang murah di kantong. Meskipun demikian, kalian tetep bisa lohh kesini dengan budget backpacker! Singapura kaya secara budaya, dan bisa experience semuanya dengan anggaran terbatas.

Credit : @farawaybymyside

Untuk mengamankan uang kalian, akan lebih bagus kalau kalian membuat itinerary yang jelas dan budgeting juga, dan tahu di mana dan bagaimana mendapatkan pengalaman yang terbaik dengan uang yang anda miliki. Hal-hal paling mahal dan menguras biaya di Singapura adalah akomodasi, tempat wisata dan air mineral (per botolnya bisa sekitar SGD 2-3, kalau dirupiahin sekitar IDR 20K) sehingga jumlah yang ingin Anda habiskan untuk hal-hal tersebut akan memainkan peran utama dalam menghitung anggaran kalian.

So, berikut beberapa tips kami untuk liburan ke Singapore yang nggak bikin kantong bolong :

Gunakan Transportasi Umum di Singapura

Taksi dan transportasi umum adalah pilihan terbaik kalian, karena mobil sangat mahal untuk disewa di Singapura, dan jujur, parkir akan sangat menyusahkan!

Taksi: Taksi relatif murah di Singapura, Mereka tidak akan merusak anggaran Anda seperti naik taksi di NYC! Naik taksi paling mahal mungkin sekitar SGD $ 30, ke bandara. Sebagian besar naik taksi akan jatuh ke kisaran $ 7-15. But, kalau kalian mau hemat budget transportasi umum adalah pilihan yang paling baik, karna transportasi umum di singapura sudah sangat baik, teratur dan semua rambu jelas, so harusnya gak akan susah untuk cari jalurnya.

Credit : lta.gov.sg

Transportasi Umum: MRT adalah cara favorit kami secara pribadi untuk berkeliling! Keretanya sangat sangat nyaman! Tidak perlu menunggu lama jika tertinggal kereta sebelumnya dan jangkauannya luas jadi kemanapun kalian mau pergi kalian bisa naik MRT. Easy and cheap

Bus agak lebih rumit, jadi kalian harus make sure rute kalian, karna menurut pengalaman kami, ketika bus berhenti di suatu halte mereka tidak memberikan info itu halte apa, so saran dari kita selalu check google maps kalian jangan sampe kelewatan haltenya ya. Bus adalah cara yang bagus untuk melihat kota dan cukup nyaman. Biaya untuk transportasi Umum adalah sekitar $ 2-3.

Kalian Bisa Minum Air Keran

Credit : blog.omiyago.com

Air disini aman untuk diminum dan mereka menyediakan beberapa spot di kota untuk minum, jadi hematlah uang tunai kalian dan beberapa plastik. Daripada membeli air mineral, bawalah botol air isi ulang dan bawa selalu bersama kalian selama menjelajah.

Do Free Things in Singapore 

Credit : @dilmangemorr

Kalian bisa menghabiskan berhari-hari memeriksa semua hal gratis yang bisa dilakukan di Singapura. Dari menjelajahi Singapore Botanic Gardens hingga menikmati keindahan alam di pantai-pantai Kepulauan Sentosa, Singapura dipenuhi dengan atraksi-atraksi gratis.

Credit : @thevintagevision

Gardens by the Bay adalah puncak dari perjalanan Singapura. Untuk ke Flower Dome dan Cloud Forest memang dikenakan tiket masuk, tetapi Gardens dan Supertree Grove bebas untuk dinikmati sepanjang hari, buka dari pukul 5 pagi.

Tentu saja Anda dapat menjelajahi lingkungan dan tempat-tempat wisata populer secara gratis. Lihatlah Arab Street, Haji Lane, Joo Chiat dan tempat-tempat populer lainnya!

Credit : @imandreaserra

Mengunjungi East Coast Park dan berjalan di sepanjang Changi Point Coastal Walk adalah tempat wisata lain yang wajib dikunjungi. Setelah itu, kami merekomendasikan belajar tentang budaya Cina di Haw Par Villa dan kemudian menuju ke The Southern Ridges untuk pemandangan yang menakjubkan.

Akomodasi Murah di Singapura

Tempat tidur untuk tidak selalu murah di Singapura, tetapi ada beberapa pilihan hotel dan hostel yang bagus dan lumayan pas dikantong.

Hotel Murah di Singapura

Credit : Booking.com

Hotel Mono
Hotel butik kecil yang terletak di jantung kota, Hotel Mono memiliki tawaran yang selalu berjalan sepanjang waktu. Mereka menawarkan single rooms, double rooms, dan family rooms untuk muat hingga empat orang. Harga meningap disini mulai dari IDR 2.4jt/ malam

Hotel Yan
All about the industrial chic aesthetic, Hotel Yan memiliki lokasi yang ideal di sebelah Little India dan menawarkan double room untuk sekitar IDR 1.2jt/ Malam

Hotel Kai
Tempat yang indah dengan lokasi impian, Hotel Kai memberi Anda perangkat Wi-Fi pribadi yang akan memberi Anda koneksi 24/7 di seluruh negeri. Single room mulai dari $ 112 SGD.

Hostel di Singapura

The Bohemian Chic
Hostel ini menawarkan akomodasi sosial penuh gaya di Chinatown yang ramai di Singapura

Credit : booking.com

The Pod
Ini semua tentang hotel kapsul di Asia, dan The Pod wajib dicoba! Catatan untuk para claustrophobic: ini sebenarnya terasa lebih seperti tempat tidur daripada kapsul lain yang mungkin Anda lihat online. Mereka menawarkan asrama perempuan, laki-laki dan campuran mulai dari $ 35 SGD.

Dream Lodge
Terletak di Lavender Street yang trendi, Dream Lodge berada tepat di samping tiga stasiun MRT, jadi berkeliling tidak bisa lebih mudah.

Wink Capsule
Pilihan kapsul lain yang nyaman, properti Baroque Wink Capsule sedang hitz dikunjungi di China Town.

The Quarters Hostel
Cantik dan nyaman, The Quarters adalah favorit budget traveller!

Makanan

Backpacker Budget – Makanlah di Hawker Center

Credit : hungerygowhere.com

Makanan di Singapura sangat beragam, dan Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memiliki masakan kelas dunia. Ada pusat makanan dan warung jajanan di seluruh negeri dengan hidangan fusion Singapura, Malaysia dan Cina.

Credit : misstamchiak.com

Pusat Makanan Chinatown adalah ikon lokal, dan Anda dapat mengisi makanan lezat di sini dengan harga sekitar $ 5 SGD. Kalian harus mencoba masakan khas lokal seperti nasi ayam, kepiting cabai dan sup Laksa.