Tips and Tricks Travelling untuk Pemula

Credit : @be_mesmerized

Curious about how to travel the world? 

Beberapa dari kita mungkin sudah beberapa kali berlibur dan mengunjungi beberapa kota bahkan negara, tapi mungkin ada juga yang belum pernah sama sekali. Travelling adalah salah satu kegiatan favorit saat ini, travelling merupakan salah satu cara melepas penat, melihat suatu negara yang baru, dengan arsitekturnya, budaya, kuliner dan tentunya pengalam baru yang tak terlupakan.

Beberapa dari kalian pasti memilih untuk menggunakan tour untuk berlibur ke luar negri, beberapa suka berlibur sendiri agar lebih flexible. ok, untuk travelling semua kembali ke selera kalau kalian ingin bisa jalan-jalan tanpa ribet bikin itinerary dan kalian suka travelling yang sudah teratur dan prefer dengan guide yang tau pasti soal daerahnya, menggunakan Tour & Travel adalah pilihan yang tepat.

Credit : @wanderlust_by_hashim

Tapi untuk kalian yang suka adventure, travelling sendiri Tanpa guide akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. For me, personally lebih memilih untuk travelling sendiri Tanpa ikut tour, karna jadi bisa memilih mau kemana dan berapa lama, bisa Bangun tidur lebih siang (karna biasanya kalau tour akan dimulai dari pagi), dan kita bisa pergi ke tempat-tempat yang unik atau bisa menemukan tempat baru yang ternyata Seru untuk dikunjungi.

Duhh, pengen sih liburan tanpa tour tapi ribet gak sih? Nah inilah yang akan kita bahas hari ini, Tips & Tricks liburan Tanpa Tour buat kalian para pemula based on our experience.

Tentukan ingin Liburan kemana

Credit : livejapan.com

Menentukan destinasi wisata sangatlah Penting dan jangan lupa untuk mencari tau tentang negara itu, karna beberapa negara akan Mudah dikunjungi bagi backpacker but some of them akan riskan jika dikunjungi tanpa tour (seperti banyaknya scam, transportasi yang masih belum memadai, dll.). Beberapa negara yang mudah dikunjungi dengan transportasi yang mudah dan orang lokal yang ramah adalah Singapore, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea. Negara berikut memiliki transportasi yang mudah dan jelas serta gampang di explore.

Buat Itinerary

Credit : @azjanka89

Bersikaplah Fleksibel & Jangan Berlebihan. Tidak perlu membuat itinerary dengan sangat detail per jamnya, tapi buat lah itineray Mengenai tempat wisata apa saja yang mau didatangi dan cari tahu juga mengenai bagaimana kesana, jalur dan poin-poin Penting seperti jam buka dan jangan lupa untuk make sure tempat-tempat tersebut tidak berjauhan satu sama lain, jadi gak banyak buang waktu di jalan.

Budgeting

Caption : travel.tribunnews.com

Budgeting adalah hal yang penting sesuai dengan style jalan-jalan kalian, koper atau ransel, budgeting akan sangat penting buat kalian pergi dengan budget tertentu. Sangat penting untuk membuat rincian pengeluaran disana, contohnya cari tau berapa harga tiket masuk ke tempat wisata yang ingin didatangi jangan lupa buat perkiraan biaya transport dan juga biaya makan per harinya, hal ini penting supaya Uang yang kalian bawa pasti cukup dan kalian tidak perlu menarik uang di atm karna kekurangan uang. Bawalah uang lebih banyak dari pada yang tertera di budget, hal ini dikarenakan biasanya kalau kita liburan gak mungkin kan gak belanja, gak beli oleh-oleh, baik buat diri sendiri atau keluarga. Dan menurut pengalaman kami ketika kita kehabisan uang cash, kita bisa Saja mengambil uang di atm namun ruginya adalah biasanya dikenakan biaya tarik tunai karna beda bank dan kurs yang belum tentu bagus.

Sim Card atau Wifi Portable

Credit : multicountrytours.asia

Ini penting untuk yang bepergian Tanpa tour, kenapa? Supaya kalian bisa mastiin rute kalian, Gmaps itu lumayan penting dan juga supaya kalian gak mati gaya disana dan bisa tetep eksis untuk upload-upload foto.

Penginapan

Credit : @hostel.solo.travel.nepal

Menentukan posisi penginapan juga penting, sesuaikan dengan transportasi yang kalian akan gunakan selama disana. Jika kalian memilih untuk menggunakan transportasi umum, pilihlah penginapan yang dekat dengan station agar nggak perlu berjalan jauh. Sesuaikan penginapan dengan budget dan style yang Kalian inginkan.

Packing

Credit : @backpacktoday

Untuk packing pakaian, Sebelum bepergian penting untuk tahu suhu udara di Negara tersebut. Contihnya jika kalian ke Thailand, disana hampir sepanjang tahun adalah musim panas, jadi packing lah pakaian yang nyaman dan adem tapi sesuaikan juga dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi karna ada beberapa tempat wisata yang memiliki aturan pakaian, contohnya Grand palace dan Temple, kalian tidak diperbolehkan menggunakan celana atau rok diatas lutut dan harus berlengan, nah pastikan hal ini supaya gak salah kostum. Contoh lainnya kalian ke Jepang atau Korea ketika Autumn, Cuacanya akan cukup dingin jadi kalian perlu menentuka jaket yang pas.