Tempat Makan Legendaris Di Jakarta

Credit : @kudapanku

Banyak tempat makan baru yang buka di Jakarta yang menawarkan tempat makan yang lucu dan konsep menarik. Tapi ada banyak restoran legendaris yang rasanya tak pernah bisa terlupakan dimana mereka sangat menjaga kualitas dan rasa makanan mereka dari dulu. Berikut beberapa kuliner legendaris di Jakarta yang cita rasanya luar biasa

Bakmi Gang Kelinci

Credit : @annisaova

Berdiri sejak 1957 di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, popularitasnya bertahan hingga saat ini. Bisa dilihat dengan ramainya pengunjung yang datang untuk makan disini. Awalnya Bakmi Gang Kelinci hanya berupa warung sederhana yang dikelola langsung oleh pendirinya, Nyonya Fatmawati yang dengan ulet meracik bumbu-bumbu bakmi sendiri. Resep tersebut bahkan masih dipertahankan hingga kini lohh

Credit : @raynaldymartz

Bakmi ayam yang terdiri dari bakmi, ayam kecap, ayam putih, sawi rebus, dan jamur kecap dengan cita rasa yang luar biasa, hal ini yang bikin pengunjung terus datang ke bakmi satu ini.

Credit : @sibungbung

Harga : Mulai IDR 25K
Lokasi : Jl. Kelinci Raya No.1-3, RT.4/RW.3, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka : Setiap Hari 07:00 – 21:00

Gado – gado Bonbin

Credit : @eatwithtoshiko

Kacang tanah yang disangrai dan kemudian dimasak yang membuat bumbu kacang gado-gado Bonbin beda dengan yang lain. Bumbu yang diguyur ke berbagai macam sayuran, mulai dari tauge, kol, kacang panjang, bayam, timun, kentang, tahu, telur, bawang goreng dan tambahan emping serta kerupuk udang menjadikan sajian ini menjadi sangat istimewa.

Credit : @dickyjongjournal

Bagaimana tidak, konsistensi rasa yang dihadirkan bertahan sejak pertama kali tempat makan ini berdiri pada 1960. Pemiliknya sendiri, Hadi Lingga Wijaya, yang meracik sendiri bumbu kacang, merebus sayuran hingga pembuatan lontong, yang pada akhirnya membuat kualitas rasa kuliner ini tetap terjaga sampai saat ini.

Harga : Mulai dari 23K
Lokasi : Jalan Cikini IV No.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka : Setiap Hari 10:00 – 17:00

Restoran Trio

Credit : @eddydye

Kalau kalian ingin mendapatkan kuliner dengan kualitas rasa yang istimewa dan melegenda, di sini adalah tempat yang tepat. Didirikan pada 1947, tempat makan legendaris di Jakarta ini merupakan restoran yang menyajikan chinese food dengan cita rasa Kanton. Total ada lebih dari 200 menu makanan, seperti ayam nan king, sup burung walet, gohiong, ayam wud kee dan lumpia udang.

Credit : @culinary_Spot
Credit : @willzwidjaja

Harga : IDR 350K/ 2 Orang
Lokasi : Jl. R.P. Soeroso No. 29A, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka : Setiap Hari 10:00 – 14:00 // 17:00 – 21:30

Kopi Es Tak Kie

Credit : candisoeleman

Sajian es kopi dan teh yang ditawarkan disini ngehits dan legendaris banget! Sudah buka sejak 1927, Kedainya sendiri cukup klasik, setidaknya terlihat dari interior ruangan. Papan nama dan hiasan dinding juga masih dipertahankan dari tahun ke tahun.

Credit : @perut.lapar

Kalian harus banget cobain kopi susu mereka, rasa yang ditawarkan memiliki signature tersendiri, dan dijamin tidak ditemukan di tempat lain. Kalau kalian ingin merasakan suasana jadulnya kalian bisa ke kedai pertama mereka, tapi kalau ngerasa jauh, sekarang mereka banyak buka juga di beberapa foodcourt mall.

Credit : @stellolita

Harga : Mulai dari IDR 3K
Lokasi : Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat
Jam Buka : Setiap Hari 06:30 – 12:30

Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Credit : @kyrfano

Rumah makan ini sudah berdiri sejak 40 tahun silam, meski usaha sudah berjalan sejak 1956 dengan pikulan. Menu yang ngehits dan populer di tempat ini adalah kwetiau siram. Kwetiau yang lembut dengan bumbu bawang putih dan kaldu sapi yang gurih, ditambah babat sapi, urat sapi dan daging sapi yang kenyal memberikan sensasi rasa yang super enak.

Credit : @foodieee_food

Harga : IDR 50K/ Porsi
Lokasi : Jalan Mangga Besar Raya No.78D, Taman Sari, Jakarta Barat
Jam Buka : Setiap Hari 10:00 – 24:00

Asinan Betawi H. Mansyur

Credit : @bagoesprkso

Asinan ini juga dikenal sebagai Asinan Kamboja Rawamangun. Asinan sayur menjadi sajian yang banyak diminati di warung ini. Asinan dengan isian seperti tauge, kol, selada, tahu putih, kacang tanah goreng dan timun menghadirkan rasa yang khas ketika diguyur kuah kacang yang kental. Belum lagi tambahan kerupuk mie kuning dan merah sebagai topping, ulala!

Credit : @popoboimjajan2

kalian juga bisa coba asinan buah mereka dengan rasa pedas, asam, asin dan manis. Potongan buah segar dicampur asam dari cuka dan manis dari gula merah akan memberikan kesan rasa tersendiri.

Credit : @saepulhdyt

Harga : Mulai dari IDR 16K
Lokasi : Jl. Taman Kamboja No.10, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur
Jam Buka : Setiap Hari 10:00 – 21:00

Angke

Credit : @angkerestaurant

Berdiri sejak 1965, Angke menjadi salah satu tempat makan legendaris di Jakarta yang menyajikan makanan khas Hakka dengan berbagai menu original dan otentik dari daerah Moiyan. Memiliki lebih dari 100 varian hidangan dengan cita rasa yang terus dijaga dan dipertahankan, yang menjadikan restoran ini memiliki tempat tersendiri bagi penggemar chinese food.

Credit : @angkerestaurant

Menu yang wajib untuk dicoba adalah Mun Haisom, Ayam Garam, Ayan Rebus Minyak Jahe, dan Lindung Cah Fumak.

Credit : @ceethefoodee

Harga : IDR 400K/ 2 Orang
Lokasi :

Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading Square, Jakarta Utara
Jl. Zaenal Arifin, Komplek Ketapang Indah Blok B1/1, Jakarta Barat
Arcade Business Center unit PG-PH-TE, Jl. Pantai Indah Utara I, PIK, Jakarta Utara
Graha Emerald, Jl. Boulevard Gading Serpong Blok M5/7-8, (Seberang Hotel Atria) Tangerang
Jam Buka : Setiap Hari 10:00 – 15:00 // 17:00 – 22:00

Ragusa

Credit : @zhucitra

Salah satu tempat makan legendaris di Jakarta itu memang menyajikan hidangan pencuci mulut terbaik. Suasana tempo dulu juga terasa, mulai dari eksterior dan interior ruangan dan juga perabotan yang dimiliki. Kalian bahkan bisa melihat potret pendiri Ragusa di tahun 1932, yaitu Luigia dan Vicenzo Ragusa serta anggota keluarga yang lain, seperti Pasquale dan Fransisco. Salah satu menu yang paling unik adalah Spaghetti Ice Cream. Fix bakal terpesona banget sama rasanya!

Credit : @alex.tjiu

Harga : Mulai dari IDR 15K
Lokasi : Jl. Veteran I No.10, Gambir, Jakarta Pusat
Jam Buka : Setiap Hari 10:00 – 22:00