Tegal Guide

Bukit Goa Lawa

Bukit Goa Lawa adalah kawasan perbukitan yang terletak di Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Bukit ini memiliki tumpukan batu yang menjulang tinggi menyerupai menara. Nah, di batu inilah wisatawan biasanya kerap melakukan foto selfie atau mengambil foto pemandangan hijau dari kawasan hutan yang ada di bawahnya.

Tempat wisata ini dinamai Goa Lawa karena beberapa perbukitan di tempat wisata di Tegal ini memiliki cukup banyak celah batuan. Dari celah inilah saat sore hari banyak sekali kelelawar atau lawa yang keluar untuk mencari makan. Selain Bukit Goa Lawa, tempat wisata di Tegal ini juga dijuluki Bukit Batu Agung karena berada di kawasan Desa Batu Agung.

Akses perjalanan menuju ke Bukit Goa Lawa termasuk mudah bila ditempuh dari kawasan Kota Tegal. Yang cukup sulit adalah bagaimana cara sampai ke atas bebatuan untuk selfie. Wisatawan harus mendaki dengan cukup hati-hati agar bisa sampai ke puncak dengan selamat dan mengambil foto yang diinginkan.

Lokasi : Harjowinangun, Balapulang, Tegal
Jam Buka : Senin – Jumat 12:00 – 18:00 // Sabtu dan Minggu 08:00 – 18:00
Tiket : IDR 5K

Taman Wisata Air Panas Guci 

Taman Wisata Air Panas Guci adalah destinasi favorit warga Tegal yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan. Tempat wisata di Tegal ini terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijaya, Tegal. Wisatawan yang ingin mandi air panas atau terapi penyakit tulang dan kulit bisa datang ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Air panas yang dihasilkan mengalir dari kaki Gunung Slamet yang oleh warga setempat dibuatkan air mancur dan kolam.

Kalian bisa mandi di sini dengan bebas setelah membayar retribusi masuk sekitar Rp5.000 dan ditambah biaya parkir kendaraan. Selanjutnya, mereka bisa memilih kolam yang bisa digunakan untuk mandi sesuai dengan gender. Selain bisa menikmati air panas alami yang mengalir dari perut bumi, wisatawan juga bisa menginap. Warga lokal dekat pemandian banyak yang membangun akomodasi berupa guest house atau motel yang bisa disewa kalau wisatawan ingin menikmati suasana tenang dan sejuknya udara pegunungan selama lebih dari 1 hari.

Lokasi : Guci, Bumijawa, Tegal

Pantai Alam Indah Tegal

Terletak di Jalan Bali, Martoloyo, Kota Tegal, pantai yang berada di pesisir utara ini cukup populer di kalangan warga setempat. Saat akhir pekan atau hari libur, tempat wisata di Tegal ini akan dipenuhi oleh wisatawan yang mayoritas adalah anak muda dan keluarga yang ingin mengajak anak-anaknya menikmati alam.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata di Tegal yang buka mulai dari pukul 06.00 sampai dengan 18.00 ini adalah bermain pasir dan berenang. Untuk aktivitas berenang, ada beberapa aturan yang harus diikuti agar tidak tergulung ombak. Biasanya akan ada pengawas pantai yang menjaga keselamatan wisatawan.

Selain bermain di pantai, wisatawan juga bisa berwisata kuliner. Ada cukup banyak penjual makanan di tepian pantai yang bisa Anda coba satu per satu. Wisatawan bisa makan di tepian pantai hingga senja untuk melihat sunset yang indah. Fenomena golden sunset di pantai ini terkenal indah sehingga sering diabadikan oleh para fotografer dari Tegal dan sekitarnya.

Lokasi : Mintaragen, Tegal Timur, Tegal

Waduk Cacaban 

Waduk Cacaban adalah waduk buatan yang diinisiasi oleh Belanda ratusan tahun silam. Dahulu kala, kawasan ini digunakan sebagai sistem perairan dan juga sumber air minum sebelum berubah fungsi menjadi sebuah tempat wisata setelah Indonesia merdeka dan Tegal terpecah menjadi dua wilayah.

Kawasan waduk ini memiliki pemandangan hijau dan Gunung Semar yang masih alami. Wisatawan bisa juga mengambil gambar pemandangan ini sembari melakukan penjelajahan. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah menjelajahi waduk dengan perahu. Penduduk setempat menyewakan perahu yang bisa digunakan kalian. Mereka akan mengantar kalian berkeliling waduk hingga puas. Satu perahu biasanya memuat untuk 4-8 orang.

Lokasi : Desa Penunjah, Kedung Banteng, Kab. Tegal

Kebun Teh Tegal 

Sebagai salah satu produsen teh terbesar di Indonesia, Tegal memiliki beberapa perkebunan yang kerap dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan. Kebun teh yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan terletak di Bumijaya, Tegal, sekitar 15 menit perjalanan dari Bulakan. Kalian yang datang ke tempat wisata ini bisa mendapatkan pemandangan perbukitan yang didominasi oleh hijaunya daun teh. Sejauh mata memandang hanya ada perdu teh yang dipetik dan diolah secara alami oleh penduduk setempat.

Teh di kawasan ini hanya untuk konsumsi lokal warga Tegal dan sekitarnya. Selain menikmati pemandangan yang indah dan juga udara yang sejuk, Anda juga bisa menyaksikan kegiatan pembuatan teh. Daun teh akan dipotong kecil-kecil lalu dijemur hingga kering. Teh yang dihasilkan di sini juga dicampur dengan melati asli sehingga rasanya lebih harum. Wisatawan bisa menikmati minum teh di sini atau membeli daun teh keringnya untuk dijadikan oleh-oleh.

Lokasi : Desa Bumijawa, Kab. Tegal

Kuliner

Gbug Shelter

Salah satu coffee shop yang harus didatengin sebelum atau setelah dari Guci karna lokasinya yang dekat dengan kawasan pemandian air panas Guci. I Swear, they have amazing coffee here! Tempatnya nyaman banget buat menikmati kopi hangat sambil nongs sama temen-temen sambil menikmati cuaca daerah Bumijawa yang sejuk.

Lokasi : Bumijawa, Kabupaten Tegal

Es Lontrong

Minuman legendaris satu ini wajib banget dicoba. Berisi kacang hijau, cincau yang ditambah dengan gula merah dan santan, cocok banget diminum siang-siang. Hanya dengan uang sekitar 4K kalian sudah bisa melegakan dahaga dengan es satu ini

Lokasi : Jalan Mayjend Sutoyo, Slawi, Tegal

Tahu Banjaran “Favorit”

Makanan wajib lainnya yang harus dicoba kalau ke Tegal, kalian harus banget coba tahu pletok. Tahu satu ini asalnya memang dari tegal, dinikmati bersama sambel kecap, beuhhh dijamin nagihh! untuk harganya sekitar 4K/ piece.

Kalau kalian mau pesen ini buat oleh-oleh juga bisa banget, tinggal pesen digoreng setengah mateng. Tips: kalau kalian mau order banyak make sure untuk order dulu melalui telp, biar nunggunya gak lama genks

Lokasi : Jalan Hos Cokroaminoto, Pekauman, Tegal Barat
Jam Buka : Setiap hari 09:00 – 22:00
Telp : 0819-1552-1700

Sate Kambing Muda Balibul

Sate kambing Tegal sangat disukai pencinta sate kambing. Ciri khasnya adalah pada pemakaian kambing berusia bawah lima bulan (balibul) sehingga dagingnya sangat sangat empuk. Sate kambing lalu dinikmati dengan sambal kecap. Dibuat dari irisan cabai rawit, bawang merah, dan tomat yang dikucuri kecap manis. Kalau kalian kesini jangan lupa untuk order sop dan gulainya beughhh enak parah! Pengiring yang pas buat sate kambing adalah teh poci yang hangat sepet ditambah gula batu.

Sate ini lokasinya searah ke Guci kalo dari kota tegal, rekomen kita adalah untuk kesini sepulang berendam dari Guci, bakalan mantep banget abis berendam air panas makan sate, MANTAP!

Lokasi : Jl. Raya Tuwel – Guci