Surabaya Guide

Credit : @gustindra

Hutan Bambu Keputih 

Mendengar nama “Hutan Bambu”, mungkin yang terlintas adalah hutan di pedesaan. Tapi jangan salah, di tengah kota pun dapat terwujud tempat asri seperti ini. Suasananya yang asri membuat pengunjung berbondong-bondong datang ke lokasi ini. 

Hutan Bambu buatan ini keindahannya gak perlu diragukan lagi, bahkan bisa dibilang mirip dengan Hutan Bambu Sagano di Jepang. Lokasi yang awalnya merupakan tempat pembuangan sampah yang sudah tutup kemudian dimanfaatkan untuk lahan hijau dan ditanami aneka jenis bambu ini jadi tempat yang wajib dikunjungi ketika kamu ke Subaya. Di tempat wisata Surabaya ini juga ada taman Bunga sakura yang sangat cantik dan layak dijadikan tempat berfoto. 

Untuk menikmati objek wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya. Fasilitas yang ada di sini dapat digunakan secara cuma-cuma. Pengunjung hanya dikenakan biaya untuk parkir sesuai dengan kendaran saja.

Lokasi : Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya

Kenpark Surabaya 

Pantai Kenjeran merupakan salah satu objek wisata terkenal di Surabaya. Sayangnya, pantai ini mulai sepi peminat lantaran kondisinya yang kurang terjaga dan penuh dengan sampah. Tapi kini ada tujuan wisata baru di sekitar Pantai Kenjeran, tepatnya 1 km dari pantai yang lama. Objek wisata ini biasa dikenal degan Kenpark alias Kenjeran Park.

Klenteng Sanggar Agung

Ada banyak objek menarik yang bisa dikunjungi di Kenpark salah satunya adalah klenteng Sanggar Agung yang berdiri dengan megah di pinggir laut. Ada juga tiruan Temple of Heaven di Cina yang banyak dijadikan lokasi berfoto.

Lokasi :  Jl. Pantai Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya

Pagoda Tian Ti

Credit : @gustindra

Nama Tian Ti yang berarti Langit-Bumi sehingga pagoda ini disebut juga sebagai Sky World dalam bahasa Inggris. Pagoda ini sebenarnya ridak diperuntukan bagi upacara agama tertentu, makanya bagian dalamnya dibiarkan bersih tanpa aksesoris religius. Pagoda ini dibangun dari ide pengelola kenpark, yang terinspirasi dari Pagoda Tian Ti di Beijing (jadi yang ini replika ya genks). Tidak seperti Pagoda Tian Ti di Beijing yang bermaterial Kayu pagoda ini menggunakan baja sebagai konstruksi utamanya.

Tiket : IDR 5K/ Orang
Lokasi : Kenpark

Gereja Katolik Santa Perawan Maria

Gereja tertua di Surabaya ini merupakan salah satu bangunan dengan struktur ala Eropa di Surabaya. Katanya sebelum adanya gereja yang terletak di Jalan Kepanjen ini, terlebih dahulu dibangun sebuah rumah pastoran dan ibadah di Jalan Merak Cendrawasih. Rumah pastoran itu dibangun oleh dua pastor yang berkunjung ke Surabaya yaitu Pastor Philipus Wedding bersama rekannya Hendricus Waanders. Keduanya tiba di Surabaya pada tanggal 12 Juli 1810. Setelah menetap selama enam bulan, mereka berinisiatif mendirikan rumah ibadah tersebut.

Gereja ini wajub dikunjungi terutama bagi kalian yang mengagumi arsitektur khas benua biru.

Lokasi :  Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Kota SBY

Surabaya North Quay 

Surabaya North Quay adalah destinasi yang dibuat oleh Pelindo III yang terletak di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Surabaya North Quay adalah bagian dari terminal bagi kapal pesiar mewah dari berbagai dunia yang bersandar ke Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.

Lantai dua dan tiga gedung inilah yang menjadi destinasi wisata untuk para penduduk Surabaya atau orang yang berkunjung ke Surabaya dan dinamakan Surabaya North Quay. Surabaya North Quay menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, dari area rooftopnya terdapat serambi luar di lantai tiga. Di tempat ini kamu bisa melihat pemandangan ke arah lautan lepas dengan lalu lintas kapal-kapal berlalu-lalang di pelabuhan menyajikan pemandangan yang berbeda. Selain itu, dari rooftop Surabaya North Quay juga kalian bisa menikmati indahnya Jembatan Suramadu dan gagahnya Monumen Jaleveva Jayamahe.

Di pintu masuk kompleks pelabuhan, Tiket masuk ke lokais wisata Rp 10.000. Selain itu juga ada biaya yang dibayarkan saat memasuki gerbang pelabuhan, 5 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil. Sampai di dalam kompleks pelabuhan, kita masuk saja ke gedung terminal gapura surya nusantara, gedungnya warna biru. Kemudian naik deh ke lantai 2 dan 3. Tidak perlu capek -capek naik tangga, karena disini disediakan eskalator dan lift. 

Jam Buka : Selasa sampai hari Minggu, mulai pukul 11.00 dan tutup pukul 21.00 WIB.

Kuliner

Lontong Kupang Artomoro

Meski namanya kupang,namun kuliner ini bukan berasal dari kupang Nusa tenggara timur melainkan Surabaya. Nah, nama kupang diambil dari jenis kerang kecil pada makanan ini yaitu Kupang, kerang ini hanya ditemukan di Surabaya saja lohh.

Terkenal nikmat, tekstur dari kupang akan sedikit aneh pada awalnya seperti berpasir namun semakin dikunyah ditambah kuah lontong yang gurih, rasanya akan pecah banget!

Lokasi : Jl. Raya Manyar No.5J, Manyar, Kec, Mulyorejo, Surabaya
Jam Buka : Setiap Hari 08:00 – 21:00

Kepiting Cak Gundul 1992

Credit : @adinda113

Resto satu inimenyajikan berbagai hidangan laut terutama kepiting. Yang membuat tempat satu ini fav banget adalah karna kepiting disini selalu segar dan gemuk, rekomendasi : kalo kalin kesini harus coba menu fav mereka kepiting asam manis. untuk harga, dihitung berdasarkan jenis dan berat kepiting. jenis kepiting disini ada kepiting super jumbo, kepiting super, kepiting full jumbo, dll.

Lokasi : Jl. Raya Kupang Indah No.45C, Dukuh Pakis, Surabaya
Jam Buka : Setiap Hari 11:00 – 23:00

Nasi Udang Bu Rudy

Credit : vickyyuwono

Pernah dengar Sambal bu rudi? sambal yang udah terkenal seantero negri ini, bukan cuma menyajikan sambel yang enak tapi juga menu makanan paling hitz yaitu nasi udang dan nasi empal yang maknyuss

Lokasi :
Jl. Raya Kupang Indah No.5, dukuh kupang
Jl. Dharmahusada No.140, Mojo
dan banyak cabang lainnya
Jam Buka : Setiap Hari 07:00 – 21:00