Sukabumi Guide

Credit : @rizkiifebriann

Posisinya yang tidak jauh dari Jakarta membuat Sukabumi menjadi opsi untuk menghabisakan weekend dengan teman atau keluarga atau bahkan pasangan. berikut beberapa tempat wisata dan kuliner yang bisa kalian coba ketika berkunjung ke Sukabumi

Pantai Karang Gantung 

Credit : @ntie.chan

Tidak hanya menampilkan keindahan Pantai, disinii terdapat batuan karang yang cukup unik diantara hamparan pasir putih. Pantai Karang Gantung bisa dibilang masih alami, masih belum cukup banyak wisatawan yang datang menikmati pesisir pantai yang bersih dan suasana sejuk. 

Credit : @rizkiifebriann

Di lokasi ini, terdapat beberapa spot foto yang cukup instagramable, seperti karang yang terpisah dengan daratan yang membentuk sebuah pulau kecil yang nampak seolah mengambang diatas ombak menjadikan lokasi ini spot incaran para photographer.

Lokasi : Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi

Curug Bibijilan 

Credit : @lusyoktv

Air mengalir dari bebatuan kapur dan jika dilihat dari kejauhan seperti bermunculan dari batu-batu kapur dengan percikan memutih membuat pemandangan yang sangat indah. Ketika kalian sampai di kawasan Curug Bibijilan, kalian akan di sambut oleh hutan pinus yang berada di sekitar ditambah lagi gemericik air yang terlihat seperti berwarna hijau tosca dari kejauhan, sunggung menenangkan. Curugnya bersih, teduh, airnya dingin dan deras. Kalian akan melihat keberadaan kolam-kolam kecil  yang nantinya mengarah ke aliran curug. Curug Bibijilan memiliki tingkatan atau undakan yang bisa kalian telusuri hingga tepat kebagian atasnya.

Credit : @aditia.putra.21

BTW, Kalian tidak diperbolehkan kesini kalau dimusim hujan karna debit air akan cukup tinggi, so make sure kesini selain di musin hujan ya.

Tiket : 4K/ orang
Lokasi : Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi

Bubur ayam Bu Nut

Credit : @r34d1t

Kalau kalian ke sukabumi wajib banget makan kesini. Restoran satu ini terkenal banget sama bubur mereka. Rumah makan bu Nut memiliki modern tradisional dan terdiri dari ruangan indoor maupun outdoor. Dengan udara Sukabumi yang sejuk membuat, bubur ayam Bu Nut ini menjadi favorit banyak orang. Bubur ini bisa kalian nikmati mulai dari jam 6 pagi sampai dengan 11 malam, lohh. Untuk harga sekitar 20rb-an per porsinya

Lokasi : Jl. Siliwangi No.93, RT.01/RW.04, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi
Jam Buka : Setiap Hari 06:00 – 22:30

Mie Bakso Super H. Achmad Sudja

Kuliner legendaris lainnya yang harus dicoba adalah Mie Bakso Super H. Achmad Sudja. Lokasinya sangat strategis dan berada di tengah tengah kota, membuat tempat makan ini gampang banget dijangkau. 

Lokasi : Jl. Ir. H. Juanda No.3, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi
Jam Buka : Setiap hari 08:00 – 21:00

Badros 

Credit : reresepan.com

Salah satu bandros yang sangat terkenal di Sukabumi adalah bandros mang Ata yang berada di Jalan Jakse. Bandros menjadi primadona masyarakat Sukabumi dan juga para wisatawan serta para pendatang di Sukabumi karena enak banget dimakan bersama dengan segelas teh hangat di malam hari. Harganya yang murah menjadi daya tarik tambahan dari bandros ini.

Lokasi : Jl. Gudang No.4, Kebonjati, Sukabumi

Sekoteng Singapore 

Credit : jechristy.com

Menu satu ini juga enak banget di nikmati sore ke malam hari terutama di sukabumi yang udaranya sejuk. Sekoteng ini berisi roti, bubur kacang ijo, mutiara, kolang-kaling, dan isian lainnya yang kemudian disiram kuah hangat.

Lokasi : Jalan A Yani No 293, Kebonjati, Cikole, Sukabumi
Jam Buka : Setiap hari 16:00 – 01:00

Suatu Hari

Nah ini adalah Creative space, studio dan mini cafe di satu tempat, dan tempatnya ini cantik banget buat nongkrong-nongkrong. Denagn design minimalis dengan tembok putih bersih dan lantai abu-abu ditambah Corak sederhana seperti hitam dan cokelat menghiasi beberapa perabotannya. Benar-benar nampak modern.

Awal Mula ide tempat ini didapatkan ketika pemilik sempat mampir ke Tokyo dan mendatangi sebuah pameran lukisan anak-anak. Di sana ia begitu terkesima dengan hasil karya yang dipamerkan. Tak hanya unik, namun sanggup mendekatkan orang tua dan anak-anak.

Dari situ sang pemilik lantas berniat membuka sebuah tempat di mana komunitas di Sukabumi bisa adakan workshop, pameran, hingga diskusi kreatif bermanfaat. Alhasil, Suatu Hari Sukabumi mulai beroperasi sejak 2018 silam. 

Selain kopi, disini juga sajikan sederet minuman yang Indonesia banget. Salah satunya adalah Es Klepon Gula Jawa dan Es Pandan Gula Jawa. Selain itu ada juga Es Marie Seruput dan Es Nutella yang terkesan lebih kekinian. Semuanya bakal dikemas dalam gelas plastik bertuliskan kutipan puitis, uuuuu so sweeet. untuk menu makanannya, kafe ini juga cenderung tawarkan aneka panganan khas Indonesia. Sebut saja seperti Cuanki, Ketan durian, dan Mie Kangkung Oma, mie telur kuning yang disajikan bersama kuah kaldu ayam kental gurih menggoda. 

Kafe ini juga kerap mengadakan workshop pada hari-hari tertentu. Biaya, durasi, dan konsep kelasnya beragam. Beberapa yang sempat digelar antara lain membuat kerajinan dekorasi rustik, melukis di tas kanvas, hingga ‘Galaxy Painting on Backpack’ untuk anak-anak.

Rekomendasi : Strawberry Mille Crepes, Nuttela Shake
Jam Buka : Kamis – Selasa 10:00 – 22:00
Lokasi : JL. Surya kencana no.102, Cikole, Sukabumi