Rekomendasi Kuliner di Thailand

Credit : @zh2nbang

Selain tempat wisata yang menarik dan menakjubkan, Thailand memiliki kuliner yang enak banget dan wajib kalian coa, dannn ini cocok banget sama lidah orang Indo. Nilai plusnya adalah makanan disana murah-murah banget, Ya nggak heran sih kalau berat badan naik karena selama di Thailand, tapi meski berat badan naik, tetap bahagia kok. Cita rasa kuliner di Thailand itu asam, asin, pedas dan manis dalam satu hidangan tetapi saya pribadi suka sekali dengan makanan yang punya banyak paduan rasa.

Tom Yam

Credit : @thaifoodplus.com

Rasa-rasanya Tom Yam ini memang melegenda sebagai makanan khas Thailand hingga banyak keripik, seaweed dan mie instan pun dengan rasa Tom Yam. Tom Yam juga menjadi kuliner yang paling dicari saat berlibur ke Thailand. Didominasi rasa asam dan pedas makanan satu ini fix nyegerin banget. Tentunya sedap betul disantap saat kuahnya masih mengepul panas dengan nasi. Siap-siap terbakar ya dengan rasa pedasnya!

Kha Niew Ma Muang / Mango Sticky Rice

Credit : @cewekdoyanmakan

Nah ini juga wajib banget dicoba, kalian bisa nemuin makanan satu ini dimana-mana, mulai dari di restoran, night market sampe di stall pinggir jalan. Satu hal yang kita sadari adalah, tipe mangga disana beda dengan mangga yang ada disini, warna luar mangganya lebih pucat tapi rasanya super enak dan manis. Dipadukan dengan ketan lembut yang dimakan dengan mangga dan dituang santan manis jadi paduan rasa yang bikin meleleh saking enaknya. Untuk harganya sekitar 50 – 100 THB/ porsinya. 

Nai Mong Hoy Tod / Oyster Omelette 

This is one of our fav, bentuknya mirip telur dadar dari luar tetapi di dalamnya berisi toge dan potongan daging kerang sehingga jadi mirip omelette. Biasanya omelette ini dijadikan cemilan jadi cukup mudah ditemukan di kaki lima jalanan Bangkok maupun foodcourt, dan biasanya kalian bisa pilih mau jenis kerang apa. 

Pad Thai / Kwetiau Goreng 

Credit : @takemetour_thailand

Ini adalah makanan khas disana, gak mungkin gak nemu makanan satu ini. Kwetiau yang dimasak dengan udang, kacang, tauge, daun bawang lalu disiram dengan saus mereka. Rasanya enak apalagi kalau ditambah kucuran jeruk nipis. Pad Thai ini juga mudah ditemukan di tiap-tiap sudut Thailand mulai dari kaki lima sampai di restoran bintang lima juga ada. 

Khang Keaw Wan Gai / Green Curry 

Credit : @flavoursontheway

Green Curry ini juga jadi santapan khas Thailand karena unik. Rasanya tidak sepekat dan sepedas kari biasa, justru lebih lembut dan cocok buat yang tidak suka rasa pedas. Kalau mau pedas ya tinggal tambahkan cabe potong lagi saat akan menyantap Green Curry ini. Green Curry biasanya terdiri dari daging ayam / ikan, yang dimasak dengan terong mini, sayuran, daun kemangi, cabai dan santan.

Nai Ek Roll Noodles

Credit : @foodiswhyimbroke
Credit : @zh3nbang

Kalau ke Thailand dan kalian adalah pecinta babi, wajib ke tempat satu ini. Michelin Plate Kway Chap (roll noodles) ini memiliki kuah yang bening dengan dominan rasa dari lada yang hangat dan gurih, untuk topping kalian bisa pilih mau Campur crispy pork belly dan Jeroan atau mau 1 tipe topping saja. Dan kalian bisa pilih juga mau porsi kecil, sedang ataupun besar, untuk harga super murah 100 THB/ Porsi, saran kita jangan lupa pesen crysantium untuk minumannya, mantap! Lokasinya ada di Chinatown, ketika kalian kesana Mereka ada di deretan pinggir jalan, dan gak mungkin gak ketemu secara antrian dia panjang banget jadi mencolok.

After You

Credit : @eat.fat.repeat
Credit : @mmoominn

Salah satu Cafe yang terkenal yang nggak bisa dilewatkan ketika ke Thailand adalah After You Cafe. Dengan Tagline “There is always room for dessert” mereka punya berbagai Jenis dessert yang menarik dan enak. Antriannya cukup panjang waktu kami datang dan begitu selesai makan harus bergegas pergi karena masih banyak pengunjung yang menanti. Kalian harus ciba berbagai cake mereka dan jangan lupa untuk coba es duriannya juga. 

Cha Yen / Thai Tea 

Duh siapa sih yang nggak suka Thai Tea? Ketika kalian ke Thailand kalian bisa menemukan ini dimana-mana, dan semuanya enak bangett, cocok banget untuk meredakan panasnya Thailand yang bikin keringetan dan make up amburadul. Salah satu thai tea fav kita adalah yang berlokasi di chatuchak market, Mereka ada jumbo Thai Tea yang bahkan ukurannya Udah kaya kepala manusia

Honey Pork Bun

Credit : aroimakmak.com

Kalau kalian ke Chatuchak weekend market kalian juga wajib coba ini, jadi mereka panggak dagingnya pake madu gitu, super juicy dan lembut plus diapit sama roti mirip bapao lembut gitu, enak banget sumpah ini harus banget dicoba, Kalau kalian berencana bawa pulang atau mau dagingnya aja bisa juga beli, mereka jualnya per gram. Lokasinya agak terpencil jad harus bener-bener hunting tapi ini worth it banget buat dicoba
Lokasi : Area 22, Soi 4