Manado Guide

Manado sering kali luput jadi tujuan wisata favorit di Indonesia. Namanya masih kalah terkenal jika dibandingkan dengan Bali, Yogyakarta, atau Lombok. Padahal wilayah yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi ini punya sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi lohh!

Bagaimana jika menjadikan Manado sebagai tempat liburan kalian berikutnya? Ini adalah list tempat wisata dan makanan yang wajib kalin kunjungi 

Bunaken 

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara memang udah terkenal ke seantero dunia, terutama di kalangan para penyelam. Tapi jangan khawatir, bukan hanya penyelam yang bisa menikmatinya, karena hanya dengan snorkeling pun keindahannya bisa terekam mata saking jernihnya.

Pada tahun 2005 TN Bunaken yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, keren banget kan. Bunaken sendiri merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan daratan/pesisir/pantai. 

Letaknya yang di Segitiga Terumbu Karang Dunia menjadikannya kaya akan berbagai spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan (termasuk ikan purba yang disebut ikan raja laut), kepiting, udang, moluska (termasuk kima raksasa/giant clam), bintang laut yang khas, reptil dan mamalia laut (duyung/dugong, paus, lumba-lumba). 

Credit : @greatwhitesean

Daratannya sendiri nggak kalah menarik dari perairannya. Di sana hidup kera hitam Sulawesi (Macaca nigra), rusa, kuskus, biawak, ular, kelelawar, musang dan tikus hitam. Bahkan konon masih ditemukan tarsius spectrum di Pulau Mantehage. 

Waktu terbaik untuk kesini adalah di bulan Mei-Agustus karena kondisi air laut sangat jernih, jarak pandang untuk penyelaman bisa maksimal dan suhunya hangat. Tapi Maret sampai Oktober juga masih OK kok untuk kesini. Hindari Desember sampai Januari karena air laut sedang pasang dan juga cenderung kotor yang diakibatkan banyaknya sampah yang terbawa arus.

Lokasi : Pantai Liang Bunaken, Wori, Sulawesi Utara

Air Terjun Kima Atas

Air terjun satu ini berada di Kelurahan Kima Atas yang jaraknya sekitar 15 kilometer dan membutuhkan waktu 30 menit dari pusat kota Manado. Cocok banget buat kamu yang ingin menepi sejenak dari keramaian kota, sembari menikmati pesona alam.  

Credit : @afrianmaluenseng_

Keindahan air terjun tiga tingkat dengan aliran air yang tidak terlalu deras akan membuatmu takjub. Bahkan air terjun ini aman untuk bermain air, seru banget kan. 

Untuk soal makanan, Kalian tak perlu khawatir akan kelaparan jika berkunjung ke Air Terjun Kima Atas ini. Karena disini terdapat banyak warung yang menjual aneka macam makanan. Mulai dari hanya jajanan camilan biasa, mie instan, hingga aneka macam minuman dijual disini.

Lokasi : Kima Atas, Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara

Pulau Lihaga 

Daerah di sekitar Manado terdapat pulau-pulau tropis yang memiliki panorama yang luar biasa istimewa. Salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Lihaga.

Credit : holamigo.id

Masuk dalam lima destinasi super prioritas oleh Kemenparekraf, pulau dengan luas 8 hektar ini merupakan pulau tak berpenghuni. Lihaga punya garis pantai dengan pasir putih yang begitu lembut dan air laut yang sangat jernih. Pantaslah jika Lihaga disebut sebagai pulau yang masih perawan. Seperti Taman Laut Bunaken, Pulau Lihaga juga menawarkan spot-spot diving dan snorkeling yang super cantik. 

Meski tidak berpenghuni, pulau Lihaga sudah menyediakan fasilitas toilet yang memadai. Kalian juga diizinkan untuk bermalam di Lihaga dengan membawa perlengkapan camping sendiri. Tentunya dengan tetap menjaga kebersihan pulau, ya.

Satu nilai plus yang mungkin bagi sebagian orang menyebalkan, disini gak ada sinyal ya guys. Jadi kalau berkunjung kesini fokuslah dengan quality time dengan teman atau keluarga kalian Sambil menikmati keindahan Pulau. 

Credit : @sendy.a

Keunggulan lain pulau Lihaga adalah kemudahan transportasinya. Jika kamu datang dari Manado, kamu tinggal berkendara selama kurang lebih dua jam menuju Pelabuhan Serei, Likupang Barat.

Dari pelabuhan, lanjutkan perjalanan dengan menyewa kapal atau speed boat yang banyak tersedia di Pelabuhan Serei. Jika cuaca sedang baik dan ombak tidak terlalu besar, kamu hanya butuh 30 menit untuk sampai di pulau Lihaga. Saat menyewa kapal, jangan lupa memastikan pihak penyewa untuk menjemputmu kembali. 

Karena pulau Lihaga bukanlah pulau berpenghuni dan gak ada warung penjual makanan, jangan lupa untuk membawa bekal logistik yang cukup sebelum menyeberang ke sini. Jika ingin menyaksikan pesona biota laut Lihaga secara maksimal, kamu wajib datang saat musim kemarau.

Lokasi : Gangga Satu, Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Taman Laut Tumbak 

Tak jauh dari Taman Laut Bunaken, terdapat pula tempat wisata laut lainnya yang bernama Taman Laut Tumbak. Waktu tempuhnya sekitar tiga jam dari pusat kota Manado.

Credit : @endarpermadi

Taman Laut Tumbak memiliki lebih dari 20 titik penyelaman yang asyik dan seru banget. Di antaranya Napo Kipas, Bohaga Kecil, Pintu Samudra, Taman Karang, dan Bohaga Mangrove. 

Salah satu hal yang menjadi ciri Tumbak dan menjadi berbeda dengan Bunaken adalah pulau-pulau kecil dengan pasir putih. Pemandangannya adalah panorama laut yang mengagumkan yang hanya bisa kalian temui di tempat ini. Air laut jernih dengan air Tumbak biru sangat bagus dan indah. Karena dengan kejernihan airnya, membuat hamparan karang yang indah sangat terlihat dari permukaan.

Credit : @yoandilaut

Jika Kalian ingin menikmati keindahan pantai Tumbak, maka pilihan yang paling disukai adalah dengan mengambil akomodasi sewa dan tinggal di sana setidaknya selama 2 hari. Ada pondok yang bisa kalian sewa, dan itu terletak tepat di atas lautan Tumbak. Kalian bisa sampai di pondok dengan menggunakan speedboat dan dibutuhkan sekitar 15 menit dari Desa Tumbak. Desa Tumbak adalah sebuah desa nelayan dan ada sebuah penginapan yang berdiri di atas laut bernama Water Cottage. Pondok ini memiliki dua ruangan dan terbuat dari papan. Dengan menghabiskan Rp 350 ribu per malam, kalian berkesempatan menyaksikan sunset yang terbit di sebelah kiri Soputan, sebuah gunung berapi di Minahasa Selatan.

Menyelam di Tumbak akan membawa kalian ke hamparan panorama karang yang luas, karang keras atau karang lunak. Di sana, kalian bahkan bisa melihat sea fan coral di area seluas 300 m pada kedalaman 3m-6m.

Lokasi : Taman Laut Tumbak, Tumbak, Posumaen, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara

Pantai Pulisan 

Pantai ini terletak kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Manado arah ke Likupang Timur. Pantai Pulisan punya spot alam yang lengkap. Pantai Pulisan memang berbeda dari kawasan wisata pantai lainnya di Sulawesi Utara yang namanya telah tenar duluan. Tiga spot pemandangan pasir, batu serta padang savanna itulah yang membuatnya istimewa. Belum lagi pemandangan bawah laut yang lumayan bikin mata kalian bakal enggan berkedip jika melihatnya. Untuk snorkeling, bawah laut pantai ini menjadi pilihan yang bagus. Tak perlu ke tempat yang dalam, karang yang indah bisa ditemukan tak jauh dari bibir pantai. 

Credit : @joeadimara_

Tempat parkir kendaraan, toilet, kamar ganti, serta meja yang disewakan ada di sini. Masyarakat menyewakan meja seharga Rp 50 ribu, dan barang bawaan kslisn bisa dititipkan disini jika kalian akan naik perahu. 

Kawasan paling favorit disini adalah goa. Kenapa disebut goa karena di sini ada tebing batu yang berbentuk goa, yang bersentuhan langsung dengan laut. Di sekitar goa juga terdapat tebing bebatuan abu-abu eksotis yang membuat pemandangan pantai ini semakin indah. Puas dengan pantai dan bebatuan eksotisnya, anda bisa menikmati suasana beda dari pantai ini. Hanya perlu memanjat sekitar 50 meter, padang savanna akan memukau mata kalian, it’s so pretty!

Credit : Pegipegi.com

Pemandangan padang savanna yang berkolaborasi dengan pemandangan laut dan tepi pantai. Dari kejauhan, pesisir Pantai Pulisan terlihat berwarna hijau toska, perpaduan pasir putih dan air laut. Sungguh pemandangan yang memesona. Spot yang indah untuk mengabadikan diri di tempat yang indah ini. Dengan Rp 25 ribu, kalian sudah bisa menjangkau kawasan-kawasan ini. Ongkos tersebut sudah termasuk ongkos pulang pergi. Perahu berkapasitas maksimal tujuh orang akan mengantar kalian, tinggal janjian kapan akan dijemput kembali. Makanan tak diperbolehkan dibawa ya guys, kecuali barang-barang berharga. 

Credit : @sky_sunmoonstar

Untuk masuk ke area pantai, Kalian akan dikenai dana pengembangan desa senilai Rp5.000. Bagi kalian yang ingin memompa adrenalin, bisa menikmati banana boat, dengan biaya sewa Rp25.000 per orang (super murah gak sihh). Tenang, beragam perlengkapan keamanan sudah disiapkan pengelola. Bagi mereka yang tak sempat membawa bekal gak perlu khawatir, di pantai ini berjejer warung-warung warga yang menyiapan sajian kuliner. Sayangnya, sajiannya tidak banyak pilihan, menu utama adalah mie instan. 

Lokasi : Pulisan, Likupang Timur, Pulisan, Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Danau Linow 

Danau Linow yang di gadang-gadang menjadi salah satu danau dengan pemandangan paling indah seantara pulau Sulawesi. Hal ini tidak berlebihan mengingat keindahan tempat ini sudah terkenal sejak dulu hingga sekarang.

Credit : @rifkiantariksa

Hal yang paling unik dari danau yang satu ini adalah air pada danau tersebut dapat berganti-ganti sesuai dengan kondisi. Mulai dari warna hijau, biru bahkan terkadang warna cokelat mengingat pada dasar dari danau tersebut. Masih terdapat aktivitas vulkanik yang masih ada dan aktif hingga saat ini. 

Mengunjungi Danau Linow tergolong murah. Kalian cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp25.000 untuk bisa menikmati keindahan danau ini, sudah termasuk dengan secangkir teh atau kopi. Namun bila biaya itu cukup besar, turunlah sedikit ke kedai di bagian bawah, di sana kalian cukup mengeluarkan biaya Rp5.000 dan langsung bisa menikmati keindahan Danau Linow dari tepian.

Lokasi: Lahendong, Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Patung Yesus Memberkati 

Mayoritas penduduk di Manado menganut agama Kristiani. Patung Yesus ini bisa menjadi simbol hal demikian. Bila di cermati bentuk patung agak mirip Patung Kristus Penebus yang ada di Rio de Janeiro, Brazil. Makna dari patung ialah Yesus memberkati rakyat Manado.

Pembangunan patung tidak hanya untuk kaum Nasrani melainkan juga sebagai lambang kerukunan antar agama. Tinggi patung mencapai 50 meter dengan kemiringan mencapai 20 derajat.  Kalian dapat melihat monumen ini ketika berada di perumahan Citraland.

Lokasi: Winangun Satu, Kec. Malalayang, Kota Manado.