Makassar Guide

Makassar punya pesonanya sendiri, yang wajib banget untuk kalian eksplore. Berikut Guide buat kalian yang ingin liburan di Makassar

Masjid 99 Kubah

Credit : @renibean

Masjid dengan desain unik nan megah biasanya banyak di Timur Tengah. Namun kini Anda nggak perlu mengeluarkan paspor untuk menikmati beribadah di Masjid yang cantik, karena di Makassar juga ada! Sesuai namanya, bagian bersusun di bagian atas Masjid 99 Kubah tersebut terdiri dari 99 buah kubah kecil-kecil.

Tempat ibadah satu ini didesain oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang juga seorang Arsitek. Masjid ini dibangun di atas reklamasi pantai Losari, jadi letaknya ada di tepi pantai. Saat matahari terbenam, jadi semakin menarik. Anda bisa datang ke sini kapanpun, tapi pagi atau sore hari lebih pas. Udara masih segar dan cahaya juga mendukung. 

Lokasi: Kawasan CPI Makassar

Pantai Losari

Pantai Losari adalah tempat matahari terbenam yang populer bagi penduduk setempat berkat matahari terbenam yang dramatis dan menakjubkan. Ada area publik yang besar di mana Anda akan menemukan anak-anak di sepatu roda inline, orang-orang menikmati pemandangan laut dan keluarga menikmati alam bebas. Itu adalah tempat yang bagus untuk menonton orang. Selain matahari terbenam, pastikan untuk mengunjungi Masjid Terapung Amirul Mukminin, yang berjarak 5 menit berjalan kaki dari Pantai Losari.

Kodingareng Island

Jika Anda mencari hal-hal santai untuk dilakukan di Makassar Anda harus mengunjungi Pulau Kodingareng. Pulau ini berjarak 45 menit naik perahu dari Pelabuhan Bangkoang Makassar. Tidak ada kapal umum untuk pergi ke pulau, jadi jika Anda ingin mengunjungi Anda harus mengatur perahu Anda sendiri. Mudah mengaturnya dari pelabuhan (biayanya sekitar Rp 500.000).

Credit : @chaandd
Credit : @chaandd

Di Pulau Kodingareng, Anda dapat melakukan olahraga air seperti snorkeling, bermain jet ski, atau sekadar berjemur. Ada juga beberapa tempat snorkeling 10 menit dari pulau jika Anda ingin menjelajahi dunia bawah laut.

Pulau Samalona

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Kodingareng maka Anda juga harus pergi ke Pulau Samalona. Pulau ini berjarak 30 menit naik perahu dari Makassar dan merupakan tempat yang bagus untuk menikmati makan siang makanan laut yang lezat dari beberapa penduduk setempat yang tinggal di Pulau Samalona. Pastikan untuk mencoba cumi tinta hitam, yang lezat! 

Credit : @andrey.ernata

Salah satu pulau kecil di Indonesia yang terkenal karena keindahannya adalah Pulau Samalona di Makassar. Bukan hanya berpasir putih dan berombak tenang, Pulau Samalona juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang keren, dengan beragam karang dan koral.

Credit : Lidia Roset

Beberapa hal yang baik untuk dilakukan ketika Anda mengunjungi pulau ini termasuk lebih banyak snorkeling di Pulau Samalona terdekat atau berjalan-jalan di sekitar pulau. Btw, ada sebuah kios di pulau tempat Anda bisa menyewa peralatan snorkeling. 

Lae Lae Island 

Selama Perang Dunia II, pulau ini digunakan sebagai benteng pertahanan oleh pasukan Jepang. Diyakini memiliki terowongan bawah tanah yang terhubung ke Benteng Rotterdam di Kota Makassar, Pulau Lae Lae penuh dengan reruntuhan Perang Jepang. Berjalan-jalan di sekitar pulau akan mengungkapkan sisa-sisa bangunan bersejarah yang legendaris serta formasi batuan yang menawan. Kegiatan populer lainnya di pulau ini termasuk snorkeling, menyelam, dan memberi makan ikan.

Air Terjun Lengang Laiya

Cresit : cambaituindah.blogspot.com

Perjalanan 2,5 jam dari kota Makassar terletak surga yang relatif belum ditemukan, Air Terjun Lengang Laiya. Terletak di Desa Laiya di Kabupaten Maros, air terjun ini adalah keindahan alam spektakuler yang tak tersentuh oleh para wisatawan umum. Ketika Anda tiba di tujuan, Anda akan disambut oleh hamparan hutan pohon pinus yang menjulang tinggi yang harus Anda masukkan masuk untuk mencapai air terjun yang menakjubkan ini.

Apa yang menanti di sisi lain hutan adalah air terjun dua tingkat yang menakjubkan yang bertindak sebagai kolam tak terbatas alami dengan latar belakang lanskap hijau pegunungan, lembah, dan pohon yang hijau. Air Terjun Lengang Laiya adalah tempat yang sempurna untuk berenang, bersantai, dan menikmati udara hutan segar dan dongeng yang indah seperti pemandangan.

Trans Studio Makassar 

Trans Studio Makassar merupakan salah satu taman hiburan indoor terbesar di Indonesia, dan merupakan yang paling besar di kawasan timur Indonesia. Kompleks hiburan raksasa ini memiliki lebih dari 20 macam wahana yang terbagi dalam 4 kawasan – beberapa di antaranya bahkan tak kalah dengan yang ada di Universal Studios maupun Disneyland! 

Awali petualangan Anda di kawasan Studio Central, di mana suasana glamour khas Hollywood di era 60an terasa begitu kental. Saksikan pertunjukan musikal ala Broadway di Trans City Theatre, lalu rasakan efek green-screen yang menakjubkan di Studio Tour. 

Selanjutnya mulailah penjelajahan alam liar di area Lost City atau bermain-main dengan aneka tokoh kartun yang jenaka dan penuh warna di Cartoon City. 

Sebagai penutup, bersiaplah terpukau dengan aneka trik dan atraksi sulap di Magic Corner. Dijamin, dari anak-anak sampai orang dewasa pasti akan senang menghabiskan waktu di sini!
Note : Untuk sekarang mereka sedang tutup sementara dan akan buka kembali dengan tampilan yang lebih menarik

Tiket Masuk: Weekdays, Rp150.000 | Weekend, Rp200.000
Alamat: Jl. Metro Tj. Bunga No.28, Maccini Sombala, Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan.
Telepon: (0411) 811 7000 

Lappa Laona, Barru 

Lappa Laona punya pemandangan yang breathtaking dan juga rumah-rumah kecil ala di Selandia Baru! 

Nama lengkapnya Lappa Laona Barru, terletak di hamparan rumput hijau, udara dingin dan juga tanah lapang. Jarak lokasinya dari Kota Makassar sekitar 130km, 3 jam perjalanan. Lumayan jauh ya? Tapi semuanya ditebus lunas saat sampai di sana.

Credit : @adekurniafs

Saat ini wisata Lappa Laona ini menyediakan aneka wahana seru yang bisa dipilih, diantaranya adalah flying fox sepanjang 270 meter, lokasi camping ground, mountain bike park, gazebo, spot foto cantik di beberapa titik yakni di pinggir jurang dan di tengah padang rumput serta Uno Stones. 

Bahkan Anda bisa bawa tenda dan kemping di sana juga. Bayangkan bangun tidur ditemani angin semilir dan juga matahari yang hangat, duh bagi para pecinta alam, terdengar begitu menyenangkan bukan?

Tiket Masuk: Rp5.000/orang
Lokasi: Dusun Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Aroma Coto Gagak

Credit : @sherly_shie

Berdiri sejak 1973, ini merupakan makanan wajib ketika ke Makassar. Coto Gagak memiliki rasa yang khas berbeda dari coto makassar lainnya, inilah yang membuatnya terkenal sejak dahulu.

Lokasi : Jl. Gagak No.27, Mariso, Kec. Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90121
Jam Buka : Setiap Hari 24 Jam
Telp : 0813-5568-0278

Pallubasa Serigala

Credit : @jackmagnifico

Nggak kalah enak dengan Es Pisang Ijo dan Coto Makassar, kuliner yang satu ini selalu jadi makanan yang paling diburu oleh wisatawan. Kuliner berkuah yang satu ini hampir mirip dengan Coto Makassar, bedanya Pallubasa menggunakan tambahan taburan kelapa parut yang disangrai.

Bumbu rempah di dalam kuahnya yang super nendang dengan campuran telur setengah matang selalu bikin para pelanggan ketagihan.

Bicara soal rasa, Pallubasa Serigala juaranya. Pallubasa Serigala ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Meskipun Pallubasa Serigala memiliki tempat sederhana, rumah makan ini punya kuah super strong yang jadi idola wisatawan.

Harga : Sop Konro IDR 35K // Konro Bakar IDR 38K
Lokasi : Jl. Serigala XIV, Mamajang Dalam, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132
Jam Buka : Setiap hari 10:30 – 22:30
Telp : 0853-4208-6888

Konro Karebosi

Rumah makan ini dirintis H. Hanaping sejak 1968 bersama sembilan anaknya ini memang kesohor. Menilik sejarahnya, rumah makan ini berawal dari warung tenda di Lapangan Karebosi. Keunggulan yang membuat rumah makan ini makin berkembang pesat lantaran rasa yang tak pernah berubah dan pelanggan seia selalu berkunjung menikmati menu ini. Selain citarasa khas menggoda, harga menu ini pun tidak menguras kantong. Harga semangkuk atau seporsi sop konro dibandrol  antara 30 hingga 40 ribu rupiah.

Lokasi : Jl. Gn. Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115
Jam Buka : Setiap hari 10:30 – 22:30
Telp : 0851-0235-4000

Pangsit Mie Palu

Credit : @horizonhoman

Pangsit Mie Palu buka di Jalan Sungai Limboto dan Jalan Bali. Warung ini dibuka khusus bagi non muslim. Karena menyediakan menu daging babi. menawarkan empat varian rasa yaitu Mie original, mie gepeng, mie halus, serta mie jamur dengan resep yang sudah turun-temurun dari orang tua. Sehingga beda dengan kuliner lain pada umumnya. Pangsit Mie Palu selalu menekankan tiga poin yang menjadi pedoman yaitu rasa, kebersihan, dan pelayanan.

Saat ini, Pangsit Mie Palu sudah memiliki lima cabang dan berpusat di Palu. Dua cabang di Makassar, Kelapa Gading Jakarta, dan Tangerang.

Lokasi : Jalan Sungai Limboto No.62 Pisang Selatan, Lajangiru, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114
Jam Buka : Rabu – Senin 07:00 – 20:00 (Selasa tutup)
Telp : 0821-9040-7060

RM. Lae Lae Ikan Bakar Makassar

Berlokasi di tepi Pantai Losari, RM Lae Lae juga merupakan salah satu rumah makan seafood populer di Makassar. Telah berdiri sejak tahun 2000, restoran ini menyajikan aneka jenis hidangan laut yang bisa kamu pilih sendiri dalam keadaan hidup sebelum akhirnya ditimbang. Cara memasaknya pun bisa kamu pilih untuk masing-masing menu. Jika suka pedas, pesan ikan baronang bakar rica-rica andalannya, yang memadukan cita rasa manis dan tekstur lembut daging ikan dengan rasa pedas dan aroma daun kemangi. Enggak hanya ikan, RM Lae Lae juga menyajikan udang, cumi, kepiting, telur ikan, otak-otak, dan masih banyak lagi. Biar tambah sedap, jangan lupa padukan pesananmu dengan sambal yang bervariasi. Sebagai bonus, harganya pun cukup ramah di kantong.

Lokasi : Jl. Datu Museng, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115
Jam Buka : Setiap Hari 09:00 – 22:00

RM. Bravo

Selain coto Makassar, kuliner lain yang wajib turis cicipi saat traveling ke Makassar adalah pisang ijo. Pisang Ijo Bravo, itulah nama tempat makan pisang ijo yang terkenal di Makassar. Bahkan, jika Anda bertanya ke penduduk lokal tentang lokasi tempat makan pisang ijo paling enak, mungkin mereka akan menjawab, “Bravo!”

Bravo bahkan telah menerima penghargaan ‘Makassar Most Favourite Award Culinary 2011’ dengan kategori produk es pisang ijo.

Lokasi : JL Andalas, No. 254, Parang Layang, Kec. Makassar, Kota Makassar
Jam Buka : Setiap Hari 08:00 – 22:00