Istana Bogor & Sejarah Para Rusa

Buitenzorg (dari Bahasa Belanda) atau yang berarti Kota Damai yang sekarang lebih dikenal dengan Kota Bogor, memiliki Istana Kepresidenan yang luar biasa indah dan misterius. Sejak tahun 1870 hingga 1942, Istana Bogor sendiri telah menjadi tempat kediaman resmi dari 38 Gubernur Jenderal Belanda dan 1 orang Gubernur Jenderal Inggris.

Credit : liburanpedia.com

Keseluruhan kompleks istananya mencapai luas sekitar 1.5 hektar. Istana ini memiliki bentuk 3 tingkat dengan gaya arsitektur yang sama dengan kediaman Duke Marlborough di Oxfordshire Inggris yang dikenal dengan Blenheim Palace. 

Credit : jawapos.com

RUSA ISTANA BOGOR
Selain bangunan yang indah di halaman luar Istana terdapat rusa-rusa yang didatangkan dari Nepal dan masih terawat dengan baik sampai sekarang. Awalnya, pada tahun 1808 – Gubernur Jenderal Belanda yang memimpin saat itu, membawa 6 ekor rusa untuk menghiasa halaman Istana Bogor – yang dulu merupakan tempat peristirahatan akhir 38 Gubernur Jenderal Belanda.

Hingga berita terakir dari Kompas.com pada 2010, tenaga staf protokoler Istana Bogor mencatat bahwa 6 ekor rusa itu telah berkembang biak menjadi 860 ekor. Jusuf Kalla pun, pernah mendapat hibah 20 ekor rusa tutul ini pada tahun 2011 untuk dipelihara di Kawasan Bukti Baruga Antang – kompleks property milik Kalla Group di Makassar.

Credit : kumparan.com

LUKISAN MAKOWSLI & TENGKORAK HARIMAU PERAK
Banyak juga koleksi karya seni dan dekorasi internasional yang terdapat di Istana Bogor. Kebanyakan merupakan hadiah dari negara-negara yang berkunjung sehingga memberikan aksen mewah tersendiri di istana ini. Terdapat 450 lukisan yang beberapa di antaranya adalah karya pelukis Indonesia Basuki Abdullah, pelukis Rusia Makowsli dan Ernest Dezentje.

Selain itu ada 360 patung, tengkorak harimau berlapis perak yang merupakan hadiah dari Perdana Menteri Thailand pada tahun 1958. Ada juga tempat penyangga lilin Kristal bergaya Bohemian dan karpet langka dari Persia. Tak ketinggalan ada marmer yang didatangkan langsung dari Italia, lampu Kristal dari Cekoslovakia dan semua perabotan kayu dari Jepara.

Credit : indonesia.go_.id

BERKUNJUNG KE ISTANA BOGOR
Kita sebenernya boleh nggak sih masuk ke istana bogor? Jadi istana bogor sekarang sudah bisa dimasuki oleh masyarakat umum. Jadwal kunjungannya sendiri adalah:
Senin – Kamis 09:00 – 14:00
Jumat 09:00 – 11:00 & 14:00 – 16:00,
dan kalian tidak dipungut biaya apapun alias GRATIS!

Kalau kalian mau datang ke Istana Bogor, berikut Tips untuk Berkunjung ke Istana Bogor :

  • Sebelum mengadakan kunjungan ke Istana Bogor, kita diharuskan untuk membuat permohonan izin kunjugan kepada Kepala Rumah Tangga Kepresiden
  • Berpakaian sopan dan rapi. Bagi wanita tidak boleh mengenakan dress diatas lutut, harus mengenakan baju berlengan, setelan celana pajang atau busana muslim. Tidak menggunakan pakaian santai atau celana atau rok berbahan jeans dan T-shirt dan memakai sepatu atau selop. Untuk pria memakai kemeja, celana panjang, bersepatu (bukan pakaian santai atau celana berbahan jeans dan T-shirt)
  • Pastikan nama yang ada di daftar nama sama dengan yang diajukan dalam surat permohonan. Selain yang terdapat daftar nama tidak diperkenankan masuk
  • Pengunjung yang diperbolehkan berkunjung di sini harus berusia 10 tahun ke atas atau siswa kelas 4 Sekolah Dasar.
  • Tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman selama waktu berkunjung.
  • Tidak diperkenankan untuk menyentuh atau memegang benda-benda koleksi atau lukisan.
  • Dilarang merusak tanaman dan mengganggu binatang peliharaan yang ada di lingkungan Istana Bogor.
  • Tidak diperbolehkan untuk memotret patung, lukisan dan objek seni lainnya serta berfoto di tempat-tempat dengan tulisan “DILARANG MEMOTRET”.

Wah kalo gitu gak bisa foto-foto dong?
Memang pengunjung tidak diperkenankan membawa kamera atau handphone. Tapi dalam setiap rombongan diperbolehkan satu juru foto yang diperkenankan membawa kamera dan berfoto di tempat yang telah ditentukan. Pengambilan gambar untuk tujuan khusus seperti foto atau video harus dengan izin dari Kepala Rumah Tangga Kepresidenan ya teman-teman.