India Guide

Credit : @aakritiranaofficial @shivaphotoworks

Dengan keragaman geografis yang kaya, dengan lembah yang hijau, puncak gunung bersalju, danau dan padang rumput yang syahdu, serta pantai yang memukau, India merupakan tempat wisata yang indah untuk dikunjungi. Selain kota yang ramai dan kuliner berbumbu yang khas, wisata alam di India seru untuk kalian eksplor

Leh-Ladakh

Credit : @wanderlustguyfilms

Terletak di wilayah timur negara bagian Jammu dan Kashmir, Leh-Ladakh memiliki pesona alam yang berada di ketinggian sekitar 2,300 hingga 5,000 mdpl. Keindahan daerah ini tak terbantahkan lagi, dengan gunung-gunung batu dan kuil Buddha yang juga memukau. Buat kalian yang hobi mendaki gunung, destinasi wisata terindah di India satu ini wajib banget kalian kunjungi. Apalagi, medannya yang menantang, ditambah iklim yang mencekam.

Credit : @savvy_fernweh

Stupa Shanti, Danau Pangong, gurun-dingin tertinggi Nubra Valley, Khardung-La Mountain Pass, dan Magnetic Hill yang menakjubkan hanyalah sedikit dari sekian tempat di kawasan bak negeri dongeng ini yang super cantik. Dengan aliran air yang deras, puncak gunung yang diselimuti salju, jalur trekking yang bervariasi, dapat dipastikan kamu akan jatuh cinta dengan Leh-Ladakh!

Credit : @aakritiranaofficial @shivaphotoworks

Untuk ke tempat ini kalian perlu Terbang dari Delhi, Jammu, Srinagar, atau Chandigarh ke Leh, tiba di Bandara Kushok Bakula Rimpochee, lalu melanjutkan perjalanan dengan taksi.

Himachal Pradesh

Credit : @rover_with_cam

Sebuah negara bagian yang kecil di India Utara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Traveller kerap datang ke wilayah ini untuk trekking dan ski. Dengan Pegunungan yang indah, resort mewah, biara-biara Tibet dan Buddha, danau dan sungai yang jernih – semuanya ada di Himachal Pradesh! Ada banyak tempat untuk dikunjungi di daerah ini seperti Shimla dan Manali, Kullu, Chamba dan Khajjiar, Solang Valley, Palampur, dan wilayah Dharamsala dan Dalhousie.

Credit : @h_i_m_a_c_h_a_l_

Ada juga daerah yang belum banyak dikunjungi turis seperti Distrik Lahaul dan Spiti. Kalian suka melakukan aktivitas arung jeram, paralayang, ataupun zorbing? Kalian bisa pergi ke Manali dan Solang Valley. Desa-desa kecil yang berada di lereng bukit, ditambah dengan senyum warga lokal yang hangat, akan menjadi kenangan tak terlupakan dari kunjunganmu ke Himachal Pradesh ini.

Credit : @my.travel.tribe

Untuk kesini ambillah penerbangan Air India dari Delhi atau Chandigarh ke salah satu dari tiga bandara di Himachal Pradesh, yaitu Bandara Kullu-Manali di Bhuntar, Bandara Dharamsala (atau juga disebut Bandara Kangra) di Gaggal, dan Bandara Shimla di Jubberhatti.

Kashmir

Credit : @radhika_nomllers

Dikenal sebagai “Surga di Bumi”, Kashmir terletak di bagian paling utara India, setiap sudut daerah ini terkenal karena keindahannya yang tiada duanya. Beberapa destinasi wisata terindah di India yang berada di Kashmir yaitu : Srinagar, Gulmarg, Pahalgam, dan Jammu.

Jammu kerap dikunjungi oleh peziarah, terutama Kuil Vaishno Devi yang tidak hanya bernilai spiritual tetapi juga terkenal karena panorama alamnya. Amarnath adalah lokasi wisata religi lainnya yang terkenal di kalangan orang India, yang menawarkan pemandangan Mount Kailash yang menakjubkan. Gulmarg di Kashmir adalah salah satu tujuan resor ski paling populer di India dan memiliki lapangan golf tertinggi di dunia.

Credit : @akeel_majeed_

Yang membuat Kashmir semakin menarik untuk dikunjungi adalah letak geografisnya, yang membentang di antara Karakoram di utara, Pegunungan Pir Panjal di selatan dan barat, serta menempel dengan Pegunungan Zanskar yang terletak di timur. Saat berada di Kashmir, jangan lupa untuk naik perahu di Danau Dal di Srinagar yang biru, lalu menikmati pemandangan Pahalgam dan Sonmarg yang menawan hati.

Untuk kesini Terbanglah dari Delhi, Goa, Jammu, Leh Mumbai, atau Bangalore ke Bandara Srinagar, lalu melanjutkan perjalanan dengan taksi.

Uttarakhand

Credit : @the_photophile_guy

Merupakan provinsi kecil di bagian utara India yang masuk dalam kawasan Himalaya. Daerah ini lebih familier di kalangan orang India dengan nama Devbhumi karena menjadi rumah bagi sejumlah besar pura Hindu. Empat pura yang paling terkenal adalah Badrinath, Kedarnath, Yamunotri dan Gangotri.

Selain tempat-tempat suci, negara ini terkenal dengan stasiun bukitnya yang megah, antara lain: Almora, Kausani, Mukteshwar, Mussoorie, Nainital, Pithoragarh, Ranikhet dan Auli. Uttarakhand juga merupakan rumah bagi dua Situs Warisan Dunia UNESCO: ‘Nanda Devi National Park’, yang menawarkan pemandangan puncak Nanda Devi yang diselubungi salju, dan ‘the Valley of Flowers National Park’, yang tersohor karena padang bunga yang terdiri dari berbagai bunga khas pegunungan. Untuk para pendaki gunung, ada sejumlah jalur pendakian di Uttarakhand yang bisa kamu coba taklukkan.

Credit : @___red__devil

Auli, sebuah desa kecil, adalah tujuan ski yang penting di Uttarakhand, dengan bonus panorama puncak Himalaya yang mengagumkan. Lalu ada Nainital, stasiun bukit kecil yang terkenal dengan Danau Naini. Dehradun, ibu kota provinsi, sendirinya merupakan kota yang indah. Terakhir, Mussoorie, berjarak 34 km dari Dehradun, terletak di kaki bukit Himalaya dan dikenal sebagai “Queen of the Hills” karena keindahannya yang tak dapat dijelaskan dengan sekadar kata-kata.

Terbanglah ke Bandara Jolly Grant di Dehradun. Pilihan lain selain menggunakan pesawat, kalian bisa naik kereta dari kota-kota besar di India dengan 16 stasiun kedatangan di seantero Uttarakhand, misalnya: Haridwar, Dehradun, Kathgodam, Rudrapur, Tanakpur, dan Pantnagar.

Rajasthan

Credit : @puneetyadav

Rajasthan, negara bagian terbesar di India, akhir-akhir ini menjadi sangat populer di kalangan wisatawan Indonesia. Di samping terkenal dengan ‘Great Indian Desert’, Rajasthan merupakan kawasan wisata sejarah dengan benteng, kuil, monumen, dan istana dengan arsitektur yang rumit namun memukau.

Credit : @famousphotowala

Sebagian destinasi wisata terindah di India yang berada di Rajasthan adalah ‘Indus Valley Civilisation’ di Kalibanga, Kuil Dilwara, Mount Abu, dan Konservasi Harimau Nasional Ranthambore. Setiap sudut Rajasthan akan memuaskanmu yang haus akan nilai-nilai sejarah, plus wisata alam yang memesona.

Terbanglah ke Jaipur International Airport lalu melanjutkan perjalanan dengan pesawat lokal ke Jodhpur atau Udaipur, atau naik kereta dari kota-kota besar di India seperti Delhi, Mumbai, atau Kolkata ke Jaipur.

India Timur Laut

Credit : @kamalpradhan21

Mencakup distrik Sikkim, Meghalaya, dan Assam, termasuk Benggala Barat. Kawasan ini menawarkan berbagai keindahan alam hingga layak menjadi salah satu destinasi wisata terindah di India. Yang paling utama, Darjeeling adalah tujuan wisata yang paling sering dikunjungi di Benggala Barat – tidak hanya semata karena hamparan kebun teh yang menenangkan, tetapi juga pemandangan matahari terbit di puncak Himalaya yang fantastis.

Credit : Abhibrata Bhakta

Beberapa tempat terindah di daerah ini antara lain: Gangtok, Pelling, Lachung dan Yumthang. Dari manapun kalian bisa melihat keindahan puncak Himalaya yang tertutup salju. Meghalaya adalah dataran tinggi dengan padang rumput hijau yang subur dan air terjun yang tinggi. Cherapunjee, yang terletak tidak jauh dari Shillong, ibu kota Meghalaya, adalah tempat menakjubkan lainnya dengan gua, hutan, dan air terjun. Jangan sampai kamu kelewatan untuk berkendara menembus kabut di Cherapunjee. Terakhir, Assam memiliki banyak atraksi wisata dan juga suaka margasatwa. Liburan yang sempurna!

Terbanglah ke Bandara Internasional Lokpriya Gopinath Bordoloi di Guwahati. Pilihan lain, naik kereta ke Stasiun Naharlagun yang terletak di antara Guwahati dan Delhi.

Lakshadweep

Credit : @lialer

Terletak di lepas pantai selatan India, secara harfiah berarti “seribu pulau” dalam bahasa Sansekerta. Kawasan ini adalah sebuah kepulauan dengan dua belas atol dan tiga terumbu karang besar, serta hampir 40-an pulau yang lumayan terpencil. Laguna yang super jernih, perairan beriklim hangat, dan terumbu karang yang cantik menjadi daya tarik bagi kalian pecinta diving.

Credit : @umaralipkd

Pulau-pulau utama di sini antara lain Kavaratti, Agatti, Minicoy dan Amini. Selain diving, kalian bisa berselancar, snorkeling, mendayung kayak, dan olahraga air lainnya. Jika masih punya waktu, jangan lupa untuk menyambangi Pulau Bangaram dan Kadmat yang baru-baru ini semakin populer di kalangan wisatawan.

Penerbangan menuju Lakshadweep (Agatti dan Bangaram) hanya tersedia di Kochi dengan pesawat perintis. Lalu melanjutkan perjalanan dengan speedboat selama 14-18 jam, atau helikopter dari Agatti ke Kavaratti (jadwal terbatas).

Kerala

Credit : @ravishankardeepika

Slogan Kerala, “God’s own country” menjadi representasi dari kemegahan daerah di selatan India ini. Perbukitan yang eksotis, sungai-sungai yang elok, dan pantai yang menawan hati; semua ada di Kerala. Pengembangan ekowisata yang masif menjadikan Kerala sebagai destinasi wisata terindah di India dengan pertumbuhan yang tergolong tercepat di dunia.

Credit : @agrawaldarshana

Kalian bisa mengawali perjalanan kalian di Kerala dengan trekking di lereng bukit dengan kebun rempah dan teh yang membentang di Ghats Barat, kota Munnar, atau menyusuri perairan Alleppey yang membius, Kalian juga bisa mengunjungi pantai-pantai eksotis di Kovalam dan Varkala, lalu bermalam di rumah-perahu sambil mengeksplorasi kekayaan flora dan fauna. Tutup petualangan kalian dengan mampir di Konservasi Harimau Periyar, mengikuti kelas yoga, dan spa di akhir hari. Liburan yang memuaskan jiwa-raga kann!

Untuk kesini kalian Terbang ke bandara internasional di Thiruvananthapuram atau Kochi. Pilihan lain, naik kereta dari kota-kota besar di India seperti Delhi, Mumbai, Kolkata, atau Chennai ke Thiruvananthapuram Central Railway Station.