Hotel Markas Nintendo di Kyoto

Credit : medium.com

Nintendo merupakan perusahaan video games yang didirikan oleh Fusajiro Yamauchi pada 1889. Dimulai dengan membuat kartu hanafuda tradisional Jepang. Kemudian kartu bermain gaya Barat. Nintendo termasuk salah satu perusahaan video games terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Perusahaan ini menciptakan video games terkenal sepanjang masa seperti Mario, The Legend of Zelda, Animal Crossing, dan Pokemon.

Credit : eurogamer.net

Gedung ini selesai dibangun pada 1930. Saat itu digunakan sebagai kantor pusat pertama perusahaan video games Nintendo sebelum pindah ke lokasi saat ini di kota yang sama pada 1959. Sebuah tanda di dinding luar gedung menunjukkan tempat produksi asli Nintendo.

Bangunan yang terletak di Shimogyo-ku, Kyoto, ini masih berdiri, lengkap dengan papan bilingualnya yang bertuliskan Nintendo Playing Card Co. Akan tetapi, bangunan ini sempat terlantar untuk beberapa waktu.

Credit : flickr.com

Menurut pengembang Plan Do See Inc, bekas markas Nintendo Co di Kyoto akan direnovasi menjadi hotel dan akan siap menyambut pengunjung sekitar musim panas 2021. Bangunan empat lantai yang saat ini sudah tak dihuni kelak akan menjadi hotel 20 kamar. Namun, sebagian besar arsitektur asli akan tetap utuh dan dipertahankan.

Renovasi akan diawasi oleh Tadao Ando Architect and Associates. Hotel ini nantinya akan dioperasikan oleh Plan Do See yang juga mengembangkan ruang pernikahan dan restoran.

Credit : sharing-kyoto.com

Lokasinya sendiri dua blok dari Sungai Kamogawa dan dekat dengan Stasiun Shichijo, Taman Shosei-en, dan Kuil Higashi Honganji. Tak banyak kantor di sekitaran gedung, hanya beberapa toko tua dan sebuah hotel.

So, Para Pecinta Nintendo, siap-siap untuk nginep di hotel satu ini ya!