Guide Bogor

Credit : @jeminyap

Kota yang dijuluki dengan kota hujan ini memang tidak diragukan lagi memiliki keindahan alam yang patut dikunjungi. Memiliki letak dataran yang lebih tinggi dari ibukota Jakarta membuat kota ini memiliki udara yang lebih sejuk. Bogor merupakan tempat yang cocok untuk untuk kalian jadikan tempat menghabiskan weekend kalian

Mekarsari 

Credit : idetrips.com

Seperti namanya, taman wisata ini memiliki konsep pusat budidaya beraneka macam buah-buahan dan bunga. Terutama untuk buah yang ada dan tumbuh pada iklim subtropis seperti negera kita ini. Hampir sebagian besar koleksi jenis buah disini berasal dari negeri kita. Mulai dari Sabang hingga Merauke tersedia lengkap pada tempat wisata yang satu ini.

Credit : batiqa.com

Luas dari taman wisata ini mencapai 265 hektare yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Apa lagi pada tempat wisata ini di lengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa kalian nikmati bersama keluarga terutama kalau kalian memiliki anak yang masih kecil. Bermain dan menambah pemahaman mengenai aneka ragam hayati di tempat satu ini sangat bermanfaat dan menghibur bagi anak-anak. Untuk tiket masuk tergantung paket apa yang ingin kalian pilih, harga tiketnya mulai dari 50K/Orang


Lokasi: Jl. Raya Cileungsi – Jonggol KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Bogor
Jam Buka : Setiap Hari 08.00 – 17.00

Istana Bogor 

Credit : travelingyuk.com

Istana Bogor merupakan kawasan wisata yang patut untuk kalian kunjungi ketika sedang berada di Kota Bogor. Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin melakukan wisata berkonsep edukasi. Anda dapat mengajak anak-anak juga yang tentunya dapat menambah wawasan nasionalisme mereka. Tempat ini juga memiliki kawasan lingkungan yang sangat sejuk dan asri. 

Jika berkunjung ke Istana Bogor, kalian akan menemukan koleksi-koleksi bersejarah yang tentunya sangat menarik untuk diketahui. Tak hanya itu, uniknya disini kalian juga bisa menyaksikan rusa-rusa yang berkeliaran bebas di sekitar istana. Harga tiket untuk memasuki kawasan Istana Bogor adalah gratis.  Untuk detail lainnya dapat melihat article berikut 

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, RT.04/RW.01, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

Kebun Raya Bogor 

Credit : @ucokregar16

Nama tempat yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Kebun yang di kelilingi oleh pohon-pohon besar dan tua yang menghasilkan suasana yang khasdan sejuk. Memang untuk kebun ini sudah ada mulai zaman kolonial namun memiliki suasana yang indah. Apa lagi di tempat ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Jadi tempat yang pas untuk menikmati alam sambil ngobrol dan piknik keluarga.

Credit : @jeminyap

Lokasi: Jl. Ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari 

Credit : @olivialazuardy

Kota Bogor juga memiliki taman safari yang memiliki standar internasional. Beraneka ragam flora dan fauna terdapat pada taman safari ini hampir 5000 jenis spesesies terdapat di dalamnya. Tidak lupa beberapa hewan dan tumbuhan langkah yang ada pada negara kita juga terdapat pada Taman Safari Bogor.

Credit : @daya.strix

Berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, ketika masuk kalian akan merasa seperti masuk kedalam hutan, kalian dapat merasakan berada di jarak yang begitu dekat dengan-hewan-hewan disini, bahkan kalian bisa memberi makan mereka (kalian bisa membeli wortel dipinggir jalan menuju taman safari) kalian akan melewati beberapa ruas jalan dengan gajah, zebra, rusa yang berjalan disamping mobil kalian, bahkan kalian akan masuk ke lokasi penuh dengan harimau bengala yang cantik. Setelah menikmati melihat hewan-hewan tersebut kalian bisa mengelilingi taman safari sambil melihat berbagai atraksi menarik. 

Credit : @eatandclicks

Lokasi: Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor.

Kuntum Farm Field 

Credit : trepelin.com

Kuntum Farm Field adalah tempat yang paling cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Disini, kalian bisa menikmati keindahan alam dan memberikan sarana edukasi untuk anak-anak karena di tempat ini kalian akan disuguhi dengan beberapa aktifitas seru. 

Credit : @iamsys80

Di Kuntum Farm Field kalian dan keluarga akan dibawa ke sebuah pengalaman yang berbeda. Menyatu dengan alam dengan berbagai jenis keberagamannya. Mencintai hewan dan berani kotor yang konon katanya baik. Tempat ini memang sangat cocok untuk memberikan pelajaran kepada anak-anak agar senantiasa mencintai alam dan hewan. Mengusung konsep agrowsiata membuat tempat ini menyatukan unsur pertanian, oerkebunan, perikanan dan peternakan dalam sebuah wadah yang dikemas secara menarik dan asik! 

Berbagai macam koleksi tanaman bisa dilihat di kawasan ini. Bagi yang ingin membawanya pulang dan mencoba menanamnya sendiri di rumah, kalian bisa membeli bibitnya dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah saja. 

Credit : @putrimayangsari

Setelah keluar dari lobi, kalian akan disambut dengan beberapa tanaman sayuran seperti wortel dan kubis. Tidak ketinggalan pula dengan hewan ternak seperti kambing, biri-biri dan anak domba.Untuk anak domba dan Anak sapi, kalian bisa memberikannya susu sehingga anak-anak bisa belajar bagaiman caranya menyayangi binatang. Selain itu ada banyak kegiatan lainnya yang dapat dilakukan, mulai dari menangkap ikan, naik kuda dan lain-lain.

Detail Informasi
Tiket : IDR 40K
Lokasi : Jl. Raya Tajur No.291, Bogor
Jam Buka : Setiap Hari 08:00 – 18:00

The Melchior Hotel by Baio

Credit : hikersbay.com

Hotel satu ini akan jadi tempat yang bagus untuk staycation dan kabur dari hiruk pikuk ibu kota. Dengan konsep bangunan ala kolonial, hotel ini gak serem kok malah super keren dengan berbagai spot yang bisa jadi tempat untuk kalian foto-foto .

Credit : themelchior.com
Credit : booking.com

Karna lokasinya di dalam kebun raya bogor, untuk masuk ke The Melchior Hotel ada beberapa peraturannya nih. Jadi kalau siang hari, kalian bisa masuk melalui pintu manasaja dari pintu 1, pintu 3 dan pintu masuk Kebun Raya Bogor, tapi yang lebih dekat adalah pintu 1. Nah kalau untuk malam hari, kalian hanya bisa masuk melalui pintu 3 saja. Btw, Kalo gak ada kendaraan gak usah takut karna hotelnya menyediakan fasilitas pickup-drop gratis dari & menuju gerbang-gerbang Kebun Raya Bogor, jadi udah jalan kaki jauh menuju ke hotel. Untuk menginap disini harganya sekitar 1jt/ malam untuk 2 orang.

Detail Informasi
IG : @themelchiorbybaio
Lokasi : Jl. Ir. H. Juanda No.54, RT.04/RW.02, Paledang, Bogor