From Argentina with Love.

Kalian pasti pernah liat foto-foto resto satu ini di Instagram karna memang pas masuk ke restoran tempatnya secakep itu. Sudestada, yang berarti “angin kencang”, lebih tepatnya adalah tiupan angin yang sejuk yang menandakan akan datangnya hujan. Nama ini dianggap membawa suatu keberuntungan. Restoran ini mempunyai eksterior yang menampilkan rumah besar di Argentina dengan kaca menjulang tinggi dan aksen batu bata merah yang khas, lengkap dengan teras duduk yang luas, dan area “Asado” atau panggangan outdoor serta kolam ikan dan pepohonan yang menambahkan aksen segar dan rindang, bener-bener tempat yang cocok buat nongrong-nongkrong.

Dengan keinginan untuk mengenalkan masyarakat Jakarta tentang tradisi, budaya dan gaya hidup Argentina yang ikonis, Executive chef sekaligus owner Sudestada Victor Taborda yang berasal dari Argentina turun langsung di dapur untuk menyajikan menu khas Latin dan Argentina.

Ketika kalian masuk ke dalam restoran, kalian bakal ngerasain seakan berada ditengah ibukota Argentina, Buenos Aires, karna nuansa budaya khas yang kental terlihat dengan konsep interior industrial rustic dan berbagai ornamen khas Argentina. Mulai dari alat olahraga Polo, pakaian cowboy Argentina yaitu “Poncho”, lukisan mural gambaran kehidupan budaya Argentina, sampai bingkai besar di tengah restoran yang berisikan gambar ikonik bangunan “El Caminito” yang hampir setinggi langit –langit, yang ternyata bangunan bersejarah di distrik La Boca di Buenos Aires dimana tarian tango pertama lahir.

Honestly, awalnya pas masuk karna kita gak pernah cobain makanan Argentina, kita agak ragu, apakah rasanya bakal cocok, apa makanannya gak aneh-aneh, but it turns out super good, we really love it. Jadi, spesialisasi dari Sudestada adalah sajian daging panggang yang juga merupakan makanan andalan di Argentina. Beragam masakan otentik Latin dimana mereka menekankan pada kesederhanaan masakan Argentina dengan konsep ‘makan-tengah’ atau berbagi seperti layaknya konsep Asado yaitu berkumpul bersama keluarga untuk makan di sekitar panggangan, yang adalah salah satu kebiasaan masyarakat Argentina.

Empanadas Platter — IDR 110K

Lalu kita juga suka banget sama Chimichurri, saus andalan argentina, bener-bener cocok banget dipadukan sama makanan mereka. Satu rahasia yang bikin makanan mereka bener-bener enak dan authentic adalah karena chef kepala sekaligus owner dari Sudestada Victor Taborda adalah orang Argentina langsung, dimana dia menyajikan semua masakan  menggunakan resep yang turun-temurun dari keluarganya. Contohnya hand-cut beef Empanadas atau pastry goreng isi sapi cincang ala Argentina yang merupakan resep dari sang nenek. Menu yang satu ini kalau dilihat dari bentuknya mirip pastel indonesia, tapi isiannya berbeda dengan cita rasa dan bumbu yang benar-benar khas.

Spanish Broken Fried Egg  — IDR 90K

Kita juga coba Spanish Broken Egg, secara dasar, ini adalah scramble egg dengan kentang, bawang bombai dan ham terus dikasih truffle oil sedikit. We can say this one is one of our fav here. Walau pun simple rasa makanannya enak banget.

Matambre — IDR 160K

Menu berikutnya yang kita coba itu Matambre atau potongan daging tipis dan krispi khas Argentina antara iga dan perut. Kalau dari penampakannya Cuma kaya daging panggang aja, tapi pas kita coba ini ENAK BANGET! Iya seenak itu, dagingnya empuk dan ditambah saus chimichurri, IT’S BEST OF THE BEST.

Pizza Mix Mushrooms — IDR 160K

Disini kita coba pizza mereka juga, dan enak juga, omg! Dan kita gak tipu-tipu awalnya kita bener-bener ragu sama makanannya dan ternyata malah kita suka sama semua makanannya. Pizza-nya tipis Cuma pake jamur but it’s super good.

Short Ribs — IDR 370K

Terakhir kita rekomen buat pesen sangria dan churros mereka, dua ini bakal melengkapi dining expirience kalian disini. Secara keseluruhan, kita memberi 9.5/10.

What We Order:
Spanish Broken Fried Egg  — IDR 90K
Pizza Mix Mushrooms — IDR 160K
Empanadas Platter — IDR 110K
Matambre — IDR 160K
Short Ribs — IDR 370K
Churros Con Dulce De Leche — IDR 40K

IG : @sudestadajakarta
Jam Buka : Minggu – Kamis 07:00 – 24:00 // Jumat & Sabtu 07:00 PAGI – 01:00 PAGI
Alamata : Jl. Irian No.18, Thamrin, Jakarta Pusat

Telp : 0813 3126 5567