Festival di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Tanah air kita ini memang memiliki sejuta cerita tentang budayanya yang selalu saja memiliki daya tarik tersendiri. Dari Sabang sampai Marauke, dari Pulau Weh sampai ke Rote semua memiliki budaya yang khas. Hampir setiap daerah bisa dijadikan tempat wisata budaya. Ini adalah festival-festival budaya yang sangat keren dan wajib didatengin.

Festival Budaya Danau Sentani 

Credit : @ceritaeka

Festival satu ini bahkan dinanti-nanti oleh turis ASEAN dan asal Belanda loh! Pada Festival Danau Sentani akan ditampilkan banyak sekali pertunjukan yang membuat banyak wisatawan kagum dan terpesona, seperti tarian adat diatas perahu, tarian khas Papua, upacara adat Ondoafi, berbagai macam sajian khas Papua yang dibuat dengan cara menarik, dan kalian juga bisa melihat pameran seni dan bermacam-macam hasil kerajinan khas Papua.Tertarik untuk menyaksikan festival ini? Datanglah ke kota Jayapura pada pertengahan tahun, sekitar bulan Juni dan Juli karena Festival Danau Sentani diadakan pada periode tersebut.
 

Dieng Culture Festival 

Credit : @memedhs

Sebagaimana namanya merupakan Festival Budaya dengan konsep sinergi antara unsur Budaya Masyarakat, Potensi Wisata Alam Dieng serta Pemberdayaan masyarakat lokal sebagai misi dasar pembentukan acara tersebut.

Credit : @muchhrchy

Acara Dieng Culture Festival di isi dengan acara utama yaitu Ruwat Rambut Gembel, dimana anak-anak yang memiliki rambut gimbal dipercaya sebagai titisan Eyang Agung Kaladate dan Nini Ronce dipotong dan diupacarakan. Selain pemotongan rambut anak gimbal, Dieng Culture Festival Juga dimeriahkan acara-acara lain seperti Jalan Sehat dan Minum Purwaceng, Pertunjukan seni tradisi, Pemutaran nominator festival film dieng, Pagelaran wayang kulit, Pesta lampion & kembang api, Pagelaran Jazz Atas Awan. Jika kalian pecinta musik jazz dan belum pernah mencoba menikmatinya langsung ditengah dinginnya malam di puncak gunung Dieng, maka Dieng culture Festival adalah tempat yang pas!

Rambu Solok di Tanah Toraja 

Credit : @giscard_b_s

Ini dia upacara kematian yang terkenal seantereo, dengan kemewahannya. Acara ini dilakukan berhari-hari dan mengikut sertakan seluruh warga Tanah Toraja. Upacara ini biasa dilakukan pada bulan Desember, upacara yang dinanti-nanti oleh masyarakat Tanah Toraja. Upacara ini diisi dengan atraksi-atraksi budaya Tanah Toraja, seperti adu kerbau sebelum di adu kerbau ini dimandikan terlebih dahulu. Kemudian juga diisi dengan pementasan musik tradisi Tanah Toraja, dan diakhiri dengan upacara pemakaman jenazah.

Festival Legu Gam di Ternate 

Credit : pesonawisata.com

Festival ini adalah festival yang sengaja diadakan untuk memperingati hari lahirnya dari Sultan Ternate dimana seluruh warga Ternate berkumpul di Istana Kesultanan Ternate untuk merayakannya. Yang menjadikan acara ini istimewa adalah pertunjukkan Tari Legu Gam, tarian ini hanya ditunjukkan saat Festival Legu Gam berlangsung dan tidak boleh ditunjukkan sembarangan selain pada hari spesial ini. Penasaran seperti apa Tarian Legu Gam? Datanglah ke pulau Maluku Utara ini di bulan yang bertepatan dengan hari lahir Sultan Ternate! Biasanya Festival Legu Gam berlangsung selama satu bulan, antara bulan maret-april.

Cap Go Meh di Singkawang

Credit : @mfalfath
Credit : @stevandesign

Cap Go Meh terbesar se-asia tenggara, Warisan kebudayaan Tionghoa ini memang sangat terkenal, dan hampir seluruh Negara merayakan Tahun Baru China di setiap daerah pecinan yang terdapat di Negaranya masing-masing. Salah satunya di Indonesia, perayaan Cap Go Meh di Singkawang Kalimantan Barat ini adalah perayaan Cap Go Meh terbesar se- Asia Tenggara. Banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara yang datang untuk melihat langsung prosesi Cap Go Meh di Singkawang Kalimantan Barat. Apalagi atraksi Tatung yang dilakukan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Singkawang dan juga dilakukan oleh suku asli dayak, atraksi ini selalu menarik perhatian para wisatawan.

Festival Danau Toba 

Credit : @halakhita89

Festival ini pertama diadakan pada tahun 1982 sebagai wujud rasa syukur masyarakat setempat dengan adanya Danau Toba. Masyarakat bersyukur dengan adanya Danau Toba yang menjadi sumber rezeki dan mata pencaharian mereka. Acara ini diisi dengan tarian-tarian tradisional dan sederet acara lainnya. Ada juga pameran kain ulos di sekitar tempat diadakannya festival ini, dan biasanya festival ini dihadiri 14.000 wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Seru banget kann!