Fakta dan Mitos : Istana Batutulis

Credit : @harryprasetya17

Hing Puri Bima Cakti atau dikenal dengan Istana Batutulis adalah istana misterius di Bogor. Terletak di jalan batutulis, Istana batutulis adalah rumah pribadi milik keluarga Soekarno. Apa yang membuatnya begitu misterius? Istana ini sangat tertutup, tidak ada yang tahu seperti apa istana itu, yang bisa kalian lihat dari depan hanyalah penjaga keamanan, dan pagar hitam dengan taman besar di belakangnya. Sehingga banyak orang yang mengaitkan keberadaan istana ini dengan beberapa hal gaib.

Credit : merdeka.com

Di tahun 80-an, Kota Hujan dikejutkan dengan ditemukannya jejak kaki raksasa di depan Istana. Jejak kaki muncul di tengah hujan badai dan tanah tempat telapak kaki tersebut tampak hangus. Sebagian lainnya mengaku pernah melihat kilatan cahaya biru jatuh dari langit tepat di atas Istana Batutulis yang mereka yakini sebagai selendang atau “Keris” yang berasal dari Prabu Siliwangi.

Yang paling mengherankan, menurut orang tua, di dalam keraton terdapat kursi goyang yang menghadap Gunung Salak yang dulunya diduduki oleh sang proklamator, kursi itu pernah berputar sendiri, konon jika kursi itu berputar sendiri maka itu pertanda bahwa akan terjadi hujan badai di wilayah Bogor.

Istana Batu Tulis memang memiliki sejarah yang panjang, dan banyak orang yang mengaitkannya dengan keberadaan kerajaan Pajajaran dan menduga bahwa Istana Batu Tulis berdiri tepat di atas tempat Kraton Padjajaran berada. Istana ini sendiri dibangun oleh Van Riebeeck pada tahun 1904, yang kemudian menjadi tempat peristirahatan Soekarno.

Dulu, istana bisa dimasuki siapa saja, bahkan beberapa di antaranya mungkin bisa menggambarkan bentuk fisik bangunan lengkap dengan lanskapnya dengan baik. Sayangnya setelah istana milik keluarga Soekarno, sekarang sudah ditutup dan dijaga ketat, orang mungkin hanya bisa melihat deretan pohon dan pucuk bangunan induk dari luar.

Dan kalian tahu apa yang dikatakan sesepuh tentang Istana? Konon suasana yang mereka rasakan ketika mengelilinginya dahulu sangat jauh dari kesan mistis. Yang mereka dapatkan adalah perasaan damai, di bagian Bogor yang tidak berubah sama sekali, sungguh sejuk dan menenangkan.
So what do you think?