Co-Living itu bukan kost. Tau Gak ?

Tiga tahun terakhir keberadaan coworking space cukup meramaikan industri ruang kerja di Indonesia. Beberapa coworking space di Indonesia di antaranya yaitu EV Hive, Regus, GoWork, dan lain sebagainya. Ruang kerja dengan konsep kolaborasi tersebut diperuntukkan bagi startupatau pengusaha pemula yang membutuhkan tempat kerja sekaligus relasi untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya.

Dan kini, industri ruang kerja bersama semakin berkembang dan melahirkan konsep baru untuk kebutuhan startup dan pengusaha milenial, yaitu co-living space.

Penah nggak sih kalian denger istilah Co-living? Apa sih co-living itu?
Co-living adalah konsep berbagi hunian dengan orang lain dalam sebuah komunitas yang mengedepankan interaksi sosial, tanpa mengabaikan kebutuhan akan privasi. Di kota-kota besar yang padat penduduk dengan biaya hidup yang tinggi, tinggal di hunian nyaman di lokasi strategis membutuhkan biaya yang besar, namun co-living memungkinkan kalian untuk tinggal di hunian yang aman, nyaman, dan strategis dengan biaya yang lebih terjangkau.

Gak cuma itu, co-living juga jadi gaya hidup yang dipilih banyak orang yang merasa lebih nyaman tinggal di tengah-tengah komunitas atau keluarga baru dibandingkan hidup sendiri dan individualis. Di hunian co-living, para penghuni dapat bergabung dalam komunitas yang akrab, menyenangkan, dan solid sehingga kondusif untuk bertumbuh bersama dan saling mengembangkan diri.

Salah satu brand co-living yang kalian bisa lihat adalah Rukita – dia merupakan salah satu perusahaan proptech berbasis komunitas dengan pertumbuhan pesat yang menyediakan hunian co-living berkualitas dengan pengalaman bebas ribet.

Setiap kamar di Rukita juga sudah siap huni dengan perabotan yang lengkap dan desain interior yang modern tanpa mengabaikan aspek fungsionalitasnya. Untuk menciptakan interaksi yang lebih hidup, setiap unit Rukita memiliki ruang bersama yang nyaman, seperti ruang tamu, ruang makan, meja billiard, dan bahkan kolam renang. Dengan demikian, para penghuni dapat menghabiskan waktu bersama dan saling terhubung dalam keseruan. Para penghuni juga dapat menikmati serunya kegiatan komunitas yang diadakan secara rutin, seperti pancake breakfast, taco night, flower arrangement workshop, dan sebagainya. Jadi bukan kayak tinggal di kost – yang sendiri sendiri banget. Selain berfokus pada kenyamanan, mereka juga berkomitmen untuk menjamin keamanan para penghuni dengan menerapkan pengecekan latar belakang bagi calon penghuni baru, menyediakan kartu akses bagi setiap penghuni, petugas keamanan yang berjaga di lokasi 24 jam seminggu, serta perangkat CCTV yang mumpuni.

DAN!!! Mereka bahkan mempunyai apps untuk para penyewa – dimana mereka bisa melihat event apa yang akan dilakukan di tempat mereka / tempat lain – contohny ada Karaoke Night, Painting Session , bahkan juga Billiard Competition. Di app ini, kamu juga bisa request untuk membersihkan kamar / servis / jasa lainnya.

Jika dibandingkan dengan penyewaan apartemen secara konvensional, kalian dapat menikmati fleksibilitas dalam hal penyewaan dan sistem pembayaran. Di Rukita, kalian bisa menyewa satu kamar saja di apartemen dengan dua atau tiga kamar tidur dengan sistem pembayaran bulanan, jadi  lebih terjangkau.

Berapa sih biaya sewa per bulannya?
Untuk mengakomodir kebutuhan dan preferensi kalian, mereka menyediakan dua jenis hunian co- living, yaitu Rukita building & Rukita apartment dengan rentang harga yang beragam, mulai dari Rp 2 juta rupiah / bulan / kamar dengan tagihan terpadu yang praktis, termasuk layanan kebersihan dan binatu, listrik, air, koneksi internet, serta layanan perbaikan / pemeliharaan AC. Rukita building cocok untuk penghuni yang menyukai hidup dalam komunitas dan bersosialisasi, sedangkan penghuni yang menginginkan privasi lebih dengan lingkup komunitas yang lebih kecil dapat memilih Rukita apartment.

Sekarang mereka juga sudah mengoperasikan 2.500 kamar yang tersebar di lokasi strategis di wilayah Jadetabek, seperti pusat bisnis di Thamrin & Sudirman, area di sekitar Universitas Indonesia (Depok) dan Universitas Pelita Harapan (Karawaci).

Semoga membantu ya!

Info lebih lanjut :
IG : @rukita_indo
For more info kalian bisa cek website mereka www.rukita.co