Bandung Food Guide

Credit : @foodstylist_yumyum

Bandung terkenal sebagai kota yang memiliki banyak pesona wisata. Tak hanya destinasi wisata seru dan menarik, Bandung juga menawarkan banyak destinasi wisata kuliner. Mulai dari masakan tradisional hingga internasional, semua jenis wisata kuliner ada di Bandung. Soal rasa, jangan ditanya lagi, kuliner Bandung selalu menawarkan kuliner dengan kelezatan yang tak terlupakan.

Berikut kuliner yang wajib banget dicoba Kalau ke kota bandung :

Sapulidi Lembang

Credit : @deloniaregia

Dengan mengangkat konsep suasana pedesaan di pegunungan, disini kalian akan menikmati aneka makanan di saung bambu atau bale. Saung tersebut dibangun di 2 lokasi berbeda. Ada yang terletak didekat danau, ada juga beberapa yang terletak di area persawahan. Antar saungnya dihubungkan dengan jalan setapak dari bebatuan, yang dikelilingi pepohonan dan hamparan rumput hijau sehingga sangat terasa alami.

Credit : @seefood_diet

Lucunya, untuk pesen makanan atau memanggil staff kalian perlu memukul kentong yang terdapat di setiap saung. Beberapa makanan andalan disini yang wajib kalian coba ada Ramuan nenek sihir, sapulidi punch, dan sate ayam edan.

Lokasi : Kompleks Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Bandung
Jam Buka : Setiap hari 09:00 – 22:00

Kampung Daun 

Credit : @kampungdaun

Tempat makan satu ini menawarkan menu makanan lezat plus tempat yang nyaman dan asri. Saat malam hari, kawasan wisata kuliner Bandung ini akan diterangi lampu dan obor di tepi jalan setapak. Nuansa tradisionalnya, hening, nyaman, dan berhawa sejuk dengan tempat makan didesain dalam bentuk saung bambu dengan konsep lesehan, tempat terbaik untuk menikmati makanan dan suasana kota Bandung.

Credit : @kampungdaun

Menu utama yang disajikan disini adalah menu masakan Pasundan. Namun ada juga beberapa menu masakan tradisional dari daerah lain seperti Nasi Liwet Solo, Soto Betawi dan Soto Kudus.

Credit : @key.pramudia

Lokasi : Perumahan Villa Triniti Blok RR1 Jl. Sersan Bajuri No.88 Km.4,7, Cihideung, Bandung
Jam Buka : Setiap hari 10:00 – 22:00

Batagor Hanjuang 

Credit : @adam_budiman

Belum lengkap ke Bandung jika belum mencicipi makanan khasnya, batagor. Batagor yang Sudah buka sejak 1990 ini merupakan salah satu batagor paling enak di Bandung.  Tempatnya memang kaki lima, di pinggir Jl. Rasa Restoran. Tapi, kualitas dan rasa batagornya gak perlu diragukan lagi!

Lokasi : Jl. Astina No.17, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung
Jam Buka : Setiap hari 07:00 – 17:00

Paskal Food Market

Credit : @paskalfoodmarket

Tempat kuliner paling besar di Bandung, disini merupakan tempat kuliner paling hits yang gak pernah sepi pengunjung. Kalian bisa menikmati beragam menu makanan disini, mulai dari jajanan, makanan berat. Makanan disini juga harganya ok banget, dengan Harga mulai dari Rp 25.000 kalian bisa mencicipi lebih dari 100 menu yang tersedia disini.

Credit : @paskalfoodmarket

Lokasi : Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung
Jam Buka : Setiap hari 10:00 – 22:30

Yoghurt Cisangkuy

Credit : @riderkulineran

Katanya sejak tahun 1976, Yoghurt Cisangkuy memang sudah berhasil menjadi pelepas dahaga andalan di Kota Bandung. Rasanya yang gak asam, tetapi manis dan segar membuat minuman satu ini jadi fav banyak orang. Mereka memiliki banyak varian rasa mulai dari yang classic, coklat sampai anggur, stawberry, apel, dan leci.

Credit : @yoghurt.cisangkuy

Lokasi : Jalan Cisangkuy No.66, Citarum, Bandung
Jam Buka : Setiap hari 08:00 – 20:30

Kupat tahu Gempol 

Creditv : @foodnusantara.id

kuliner khas Bandung yang sudah ada sejak tahun 1965, Kupat tahu gempol ini berisi potongan tahu kuning yang digoreng setengah matang, kecambah rebus dan irisan ketupat yang disiram saus sambal kacang dan ditabur kerupuk udang. Rasanya? Beughhhhh, Jangan ditanya lagi, enak banget, rasa manis dan gurih, menyatu dengan sempurna di lidah.

Credit : @duniakulinerbdg

Sedikit tips, Kalau ingin makan di sana, kalian harus datang lebih awal karna jam 6 pagi aja pembeli sudah mulai berdatangan untuk mengantri di kedai kuliner kupat tahu gempol ini.

Lokasi : Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Bandung
Jam Buka : Setiap hari 06:00 – 12:00

Warung Kopi Purnama 

Credit : @worthyourvisit

Warung Kopi Purnama ini menjadi salah satu warung kopi legendaris di Kota Bandung yang sudah buka sejak 1930an. Memiliki bangunan bergaya Tionghoa Melayu, dilengkapi dengan furniture antik, foto Bandung tempo dulu, Instalasi lampu jadul, dan pajangan lainnya akan membuat kalian seperti berada di jaman dahulu. Warung kopi ini terkenal dengan kopi susu dan roti selai srikayanya yang homemade, kalian wajib banget coba.

Credit : @warungkopipurnama

Lokasi : Jl. Alkateri No.22, Braga, Bandung
Jam Buka : Setiap hari 06:30 – 22:00

Es Duren Pak Aip 

Credit : @foodgallerybdg

Pelopor munculnya es durian tidak lain adalah Es Duren Pak Aip. Sejak tahun 1987, Es Duren Pak Aip Sudah menjadi fav orang Bandung. Gak main-main isinya daging buah durian utuh, es serut, susu kental manis, cokelat, dan gula merah. Rasa es durian ala Pak Aip ini special banget dibanding es durian lainnya, daging duriannya manis dan lembut, ulalaa. Untuk harga juga sebanding banget, sekitar 24-27K/ Porsi

Credit : @lamakbanagallery

Lokasi : Jl. Tubagus Ismail Raya No.5G, Sekeloa, Bandung (ada 7 cabang lainnya di Bandung dan 3 di Jakarta)
Jam Buka : Setiap hari 09:00 – 21:00

Cibadak Food Street

Credit : @jenzcorner

Ini surganya pecinta makanan, disini kalian bisa menemukan banyak banget makanan mulai dari makanan berat, jajanan dan minuman, bener-bener lengkap, mulai dari nasi campur, nasi goreng, martabak, siomay, batagor, baso tahu, swikee, bola ubi, kue basah, es campur, ronde dan banyak lagi! 

Makanan yang wajib kalian coba disini adalah 

Soto Bandung Pak Simon
Salah satu menu wajib kalau ke Bandung, Seporsi soto bening yang mengepul ini berisi potongan daging, babat, lobak, kacang kedelai, dan perasan jeruk yang menyegarkan. 

Credit : @mr_kebooo

Harga : Mulai dari Rp30.000
Lokasi : Jalan Cibadak No. 103, Kota Bandung
Jam Buka : Setiap hari 18:00 – 24:00 

Nasi Campur 88 Shiang Shiang
Bagi pork lovers, ini salah satu menu paling hits di cibadak, kalian harus banget banget mampir kesini. Nasi campur satu ini rame banget jadi kalau kesini jangan lupa untuk ambil nomor dulu, seporsi nasi campur berisi nasi putih dengan topping irisan samcan, daging merah, telur kecap, daging ayam suwir, bakso goreng, otak-otak dan potongan ketimun. 

Credit : @sydhikdeanlimargana

Harga : Rp50.000
Lokasi : Jalan Cibadak No. 152, Kota Bandung
Jam buka : Setiap hari 18.30 – 24.00 

Swike Karanganyar
Swike atau katak merupakan salah satu kuliner terkenal disini, untuk menu yang wajib dicoba disini adalah swike kuah dan swike mentega asin.

Credit : @kokokuliner

Harga : Mulai dari Rp28.000
Lokasi : Jalan Cibadak, Kota Bandung
Jam buka : 18.00 – 00.00

Bola Ubi Gardujati

Siapa yang gak suka bola ubi koong, bola ubi yang super garing diluar tapi kenyal dan manis, enak banget buat jadi cemilan setelah makan apalagi kalo masih anget. 

Harga : Rp. 15.000/10 buah
Lokasi : Jl. Cibadak No. 111, Kota Bandung
Jam buka : 18.00 – 23.00, Kamis tutup

Ronde Jahe Alkateri 
Sejak tahun 1986, Ronde Jahe Alkateri merupakan salah satu kedai Ronde yang paling terkenal di Bandung. Kedai ini menawarkan menu ronde legendaris yang bisa menghangatkan badan di tengah dinginnya malam Kota Bandung. Berisi ronde besar dengan isian kacang yang punya cita rasa manis dan gurih serta ronde kecil yang kenyal dipadukan dengan kuah jahe dan gula jawa yang manis dan hangat. 

Credit : @foodstylist_yumyum

Lokasi : Jl. Cibadak No. 99, Kota Bandung
Jam buka : 18.00 – 24.00, Kamis tutup
Harga : Rp. 15.000 – 25.000