Bakerbiz Academy – Dukung UMKM Kuliner di Era Pandemi.

Bakerbiz Academy untuk UMKM Kuliner yang Terus Bertumbuh

Dampak pandemi COVID-19 memang tak terelakan bagi berbagai sektor, salah satunya usaha mikro kecil dan Menengah (UMKM) yang telah mendominasi sektor perekonomian Indonesia. 64,19 Juta UMKM di Indonesia dituntut untuk beradaptasi dan merancang strategi khusus agar dapat bertahan dan bisnis mereka tetap berjalan. 

Pentingnya kerja sama banyak pihak untuk memulihkan ekonomi nasional, membuat Delisari dan APINDO UMKM Academy bersinergi dalam menyelenggarakan sebuah program untuk pelaku bisnis UMKM yaitu ‘Bakerbiz Academy’ yang dimulai dari akhir tahun 2020 hingga 2021. Hal tersebut merupakan komitmen Delisari dalam mendukung kemajuan UMKM di Indonesia.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang bahan baku premium salah satunya untuk industri makanan dan minuman, Delisari berusaha memfasilitasi para pebisnis UMKM Kuliner untuk mengembangkan bisnis mereka di era new normal melalui program ‘Bakerbiz Academy’. Para pebisnis UMKM yang terpilih, berkesempatan mengikuti serangkaian program mentoring mulai dari strategi marketing yang tepat, hingga proses produksi. Mereka juga dapat saling sharing mengenai pengalaman bisnis satu sama lain.

Dalam rangkaian program Bakerbiz Academy para peserta yang awalnya berjumlah 200 dikurasi menjadi 24 peserta di tahap akhir. Tidak hanya mentoring, mereka juga telah di uji kelayakan konsep bisnis dan keseriusam mereka dalam menjalankan usahanya. Setelah mengikuti program ini, 10 peserta/UMKM terbaik dipilih untuk mendapatkan dukungan modal dan produk pengembangan usahanya. UMKM terpilih diumumkan melalu live event Zoom Meeting pada tanggal 30 November 2021 kemarin, sekaligus menutup program Bakerbiz Academy. 

Acara penutupan program tersebut mengangkat tema “Bakerbiz Academy Champion Celebration”,  yang juga menghadirkan beberapa pembicara yaitu Lucas Kudinar sebagai CEO PT Delisari Nusantara, Ronald Walla dari Ketua UMKM/IKM APINDO, Petrus Gandamana Pemimpin Redaksi Barecca yang akan membahas peluang bisnis di masa transisi setelah pandemi.

https://www.delisari.com/uploads/media/2.jpg

Inilah 10 Pemenang Bakerbiz Academy 2021

UMKMProduk
BoSteakSteak
La Te BakesHealthy Cookies
DcloveBolu Kukus
Elmira Bakery & SnackRoti Manis & Roti Sobek
HitMan (Hitam Manis)Cookies, Bolu, Croissant
Ara PatisserieSpikoe / Lapis Surabaya
Magenta KitchenBolu Lapis
Roti Panggang HellyRoti Panggang
La Miryata – MasjukiKue GanjelRel
Dapur Mama CharisMarmer Cake
https://www.delisari.com/uploads/media/3.jpg

Para pemenang diatas dapat menjadi contoh UMKM yang memiliki semangat untuk bertumbuh dan berinovasi. Bakerbiz Academy juga mencoba untuk tidak hanya menghadirkan kompetisi, melainkan juga memberikan wawasan dan akses untuk pelaku bisnis UMKM agar optimis dan inovatif dalam mengembangkan usahanya. Para peserta dari awal hingga akhir program sangat menyambut baik dan antusias, sehingga Delisari dan APINDO yakin bahwa bisnis UMKM kuliner di Indonesia dalam waktu dekat dapat pulih kembali kedepannya.